Manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah bermutu (studi multisitus pada tiga SMP Negeri di Kota Kucecwara) / Kasman - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah bermutu (studi multisitus pada tiga SMP Negeri di Kota Kucecwara) / Kasman

Kasman (2009) Manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah bermutu (studi multisitus pada tiga SMP Negeri di Kota Kucecwara) / Kasman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum berfungsi memberi arah segala bentuk proses pendidikan di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Kelemahan kurikulum di Indonesia terletak pada pengimplementasiannya secara sungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran merupakan inti dari keseluruhan program pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah bermutu. Ada dua fokus dalam penelitian ini yaitu (1) manajemen kurikulum dan pembelajaran yang meliputi (a) perencanaan kurikulum dan pembelajaran (b) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran dan (c) evaluasi kurikulum dan pembelajaran dan (2) upaya peningkatan kinerja sekolah bidang manajemen kurikulum dan pembelajaran sehingga menjadi sekolah bermutu. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan multisitus di tiga SMP Negeri di Kota Ku e wara pada 2005-2007. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi partisipan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala urusan kurikulum di tiga situs penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif melalui tiga langkah yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan berdasarkan kriteria kridibilitas data transferabilitas data dependabilitas data dan konfirmabilitas data. Paparan hasil analisis data disajikan dalam temuan kasus tunggal dan temuan lintas situs. Temuan penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama manajemen kurikulum dan pembelajaran di tiga situs penelitian dari segi (1) perencanaan kurikulum dan pembelajaran (a) perencanaan kurikulum dan pembelajaran di sekolah mengacu pada UU 20/2003 PP 19/2005 Permendiknas 22/2006 Permendiknas 23/2006 dan Permendiknas 24/2006 (b) struktur isi kurikulum di SMP pada dasarnya menggunakan pengorganisasian kurikulum bidang studi dan kurikulum terpadu sekolah menambahan jam pelajaran (c) kegiatan perencanaan kurikulum dan pembelajaran di sekolah meliputi pengembangan substansial dan manajerial (c) perencanaan kurikulum dan pembelajaran melibatkan dewan (komite) sekolah walaupun perannya terbatas (2) pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran (a) mengacu pada RPP yang telah dipersiapkan dengan penyesuai an di kelas (b) pembelajaran lebih banyak memberi kesempatan siswa lebih aktif belajar menggunakan berbagai metode sesuai dengan KD materi peralatan yang tersedia internet dan lingkungan dan (c) karya peserta didik dimanfaatkan sebagai media sumber belajar dan mengontrol pencapaian kompetensi dan (3) evaluasi kurikulum dan pembelajaran (a) untuk mengukur ketercapaian SK-KD oleh peserta didik setelah mengikuti pembelajaran (b) kegiatan evaluasi berupa ulangan harian ulangan blok ulangan tengah semester ulangan semester ujian kenaikan kelas ujian akhir sekolah dan ujian nasional yang meliputi aspek kognitif afektif dan psikomotor sesuai dengan SK-KD (c) instrumen evaluasi bervariasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan SK-KD dan (d) hasil evaluasi digunakan untuk menetapkan ketuntasan belajar kenaikan kelas dan kelulusan siswa. Kedua upaya untuk meningkatkan kinerja sekolah bidang manajemen kurikulum dan pembelajaran dilaksanakan dengan dua program yaitu program pokok/rutin dan program inovasi. Program pokok sekolah meliputi menyusun dan mengatur kalender pendidikan pembagian tugas mengajar guru jadwal pembelajaran penyusunan perangkat mengajar meliputi Program Tahunan Rincian Pekan Efektif Program Semester Silabus dan RPP pelaksana an penilai an kriteria kenaikan kelas dan kelulusan program perbaikan dan pengayaan dan melaksanakan supervisi administrasi sekolah dan akademis. Sedangkan program inovasi antara lain mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar mengatur pelaksanaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran tingkat Sekolah (MGMPS) melakukan penambahan jam pembelajaran melaksanakan tryout ujian mengadakan bimbingan belajar pembelajaran dengan bilingual pembelajaran dengan team teaching moving class mengadakan pembinaan kelas unggulan pembinaan bakat peserta didik dalam KIR pembiasaan shalat di sekolah pemberdayaan BK dalam membantu kesulitan belajar meningkatkan mutu akademik dan profesionalisme guru penugasan guru berdasarkan keahliannya dan peningkatan sarana akademik pendukung seperti perpustakaan dan laboratorium. Berdasarkan temuan penelitian ini diajukan saran sebagai berikut. Pertama Departemen Pendidikan Nasional hendaknya memberi pelatihan dan pendampingan yang cukup pada pengelola pendidikan dan guru dalam mengem bangkan kurikulum dan pembelajaran menyelaras kan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 044/U/2002 dengan aturan baru dan menyelengara kan ujian nasional untuk menjaga kualitas pendidikan nasional dengan memberi kan kepercayaan kepada daerah (provinsi atau kabupaten) membuat soal dengan kisi-kisi dari pemerintah pusat. Kedua pemerintah daerah dan dinas pendidikan seyogyanya menempatkan personel guru sesuai dengan kebutuhan sekolah memfasilitasi pengembangan profesionalisme guru dan melengkapi sarana belajar di sekolah. Ketiga kepala sekolah dan yayasan penyelenggara pendidikan seyogyanya berupaya mengelola kurikulum dan pembelajaran di lembaganya secara kreatif dan bermutu dengan tetap berpedoman pada peraturan nasional meningkatkan profesionalisme guru dan menyiapkan pendukung kegiatan pembelajaran. Keempat pengawas sekolah hendaknya memberikan bimbingan dan pendampingan kepada kepala sekolah dan guru dalam perencanaan pelaksanaan dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran. Kelima guru hendaknya terus meningkatkan kemampuannya mengembangkan kurikulum dan pembelajar an sesuai spesialisasinya berdasarkan perkembangan iptek. Keenam dewan (komite) sekolah hendaknya lebih berperan aktif dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63797

Actions (login required)

View Item View Item