Hubungan kepedulian guru terhadap inovasi, budaya sekolah, dan kompetensi profesional dengan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di kota Banjarmasin / Dwi Atmono - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kepedulian guru terhadap inovasi, budaya sekolah, dan kompetensi profesional dengan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di kota Banjarmasin / Dwi Atmono

Atmono, Dwi (2009) Hubungan kepedulian guru terhadap inovasi, budaya sekolah, dan kompetensi profesional dengan keefektifan sekolah pada sekolah dasar negeri di kota Banjarmasin / Dwi Atmono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa. Pendidikan sebagai salah usaha mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan serta ikut bertanggung jawab atas penyiapan tenaga kerja terdidik dengan kualifikasi yang dapat diandalkan untuk menjamin prestasi dan performance yang sepadan dengan tuntutan masa depan. Keunggulan daya saing sangat tergantung dari kualitas sumber daya manusia dan hal itu tidak akan datang dengan sendirinya. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui proses pendidikan. Tantangan yang akan dihadapi oleh guru adalah perubahan yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang menyangkut kepedulian guru terhadap inovasi budaya sekolah peningkatan kompetensi guru terhadap perubahan yang menyangkut keefektifan sekolah. Mengacu pada pandangan perubahan dan peningkatan mutu guru Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin terhadap inovasi pembelajaran telah banyak hal yang sudah dilakukan antara pelatihan penataran workshop dan sosialisasi yang telah dilaksanakan akan tetapi dalam kenyataannya belum terlihat secara signifikan ada kepedulian terhadap inovasi yang akan berkaitan dengan peningkatan mutu hasil belajar siswa. Tingkat penerimaan terhadap inovasi dipengaruhi oleh keuntungan relative kerumitan keterandalan dan teramati. Sedangkan keberhasilan pembaharuan sekolah sangat ditentukan oleh gurunya karena guru adalah pemimpin pembelajaran fasilitator dan sekaligus merupakan pusat inisiatif pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh kepedulian terhadap inovasi yang terefleksikan pada budaya sekolah kompetensi profesional guru dengan keefektifan sekolah pada guru SD Negeri di Kota Banjarmasin serta memperoleh kejelasan model hubungan struktural antar variabel-variabel tersebut dan menemukan ada tidaknya hubungan antara masing-masing variabel baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil populasi guru-guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Banjarmasin yang berada di lima kecamatan yaitu Banjarmasin Barat Banjarmasin Timur Banjarmasin Selatan Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Tengah dengan besar populasi 2183 orang dan dan secara random sampling diambil sampel sebanyak 261. Untuk menjaring data digunakan kuesioner dan untuk menganalisis data digunakan analisis SEM dengan program AMOS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung kepedulian guru terhadap inovasi yang terefleksikan dalam informational personal management konsekuensi kolaborasi dan refokusing terhadap budaya sekolah yang terefleksikan pada orientasi profesional struktur organisasi kualitas lingkungan belajar dan fokus pada siswa (2) terdapat pengaruh langsung kepedulian guru terhadap inovasi dengan keefektifan sekolaah yang terefleksikan pada misi iklim yang positif harapan yang tinggi monitoring yang berkelanjutan kesempatan belajar dan keterlibatan orang tua (3) terdapat pengaruh langsung kepedulian guru terhadap inovasi dengan kompetensi profesioanl guru (4) terdapat pengaruh langsung antara budaya sekolah dengan keefektifan sekolah (5) terdapat pengaruh lansung antara kompetensi profesional guru dengan keefektifan sekolah namun demikian dalam penelitian ini ditemukan bahwa (6) terdapat pengaruh antara kompetensi profesional guru terhadap budaya sekolah Dalam hal pengaruh tidak langsung hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (7) terdapat pengaruh tidak langsung dari variabel kepedulian guru terhadap inovasi terhadap keefektifan sekolah melalui budaya sekolah dan (8) terdapat pengaruh tidak langsung antara kepedulian guru guru terhadap keefektifan sekolah melalui kompetensi profesional guru serta (9) pengaruh tidak langsung antara budaya sekolah terhadap keefektifan sekolah melalui kompetensi profesional guru. Selanjutnya temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepedulian guru terhadap inovasi sekolah yang akan terdiri dari kelompok Pertama guru yang menganggap inovasi tersebut sesuai dengan keinginan mereka dan ingin menggunakannya dalam pembelajaran di sekolah. Kedua kelompok yang masih ragu-ragu dalam arti inovasi tersebut baik tetapi mereka akan menggunakannya apabila ada keputusan resmi dari pemerintah. Kelompok ketiga adalah yang menolak inovasi tersebut karena menganggap inovasi tersebut menjadi beban.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63794

Actions (login required)

View Item View Item