Hubungan antara persepsi tentang kepimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, sikap guru, saranan dan prasarana dengan kinerja guru pada kelompok bermain pendidikan anak usia dini di Kota Surabaya / Soedjarwo - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi tentang kepimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, sikap guru, saranan dan prasarana dengan kinerja guru pada kelompok bermain pendidikan anak usia dini di Kota Surabaya / Soedjarwo

Soedjarwo (2009) Hubungan antara persepsi tentang kepimpinan kepala sekolah, kompetensi guru, sikap guru, saranan dan prasarana dengan kinerja guru pada kelompok bermain pendidikan anak usia dini di Kota Surabaya / Soedjarwo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan anak usia dini memerlukan tenaga pengelola dan pendidik yang handal dalam menyelenggarakan pembelajaran yang sesuai dengan taraf tumbuh kembang anak. Para pengelola dan pendidik harus mampu memfasilitasi anak untuk berkreasi bereksplorasi dan berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan pengalaman yang bermanfaat bagi pembentukan kemampuan dasar anak. Untuk itulah para pengelola dan pendidik program pendidikan anak usia dini dituntut untuk selalu menggali menambah dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya. Masalah dalam peningkatan akses dan pemerataan kualitas pendidikan dengan adanya guru yang tidak layak mengajar mutu pendidikan yang menurun dan tidak merata. Hal ini menunjukkan adanya indikasi bahwa kinerja guru yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data variabel penelitian serta membuktikan hubungan langsung dan tidak langsung yang signifikan antara kepe- mimpinan kepala sekolah kompetensi guru sikap guru sarana dan prasarana dan kinerja guru kelompok bermain pendidikan anak usia dini di kota Surabaya. Sehu- bungan dengan hal tersebut dilakukan penelitian dengan analisis data yang mengguna kan survey korelasional. Adapun sampel penelitian ini sejumlah 285 guru kelompok bermain dengan populasi sebanyak 1113 guru yang ada di 31 kecamatan kota Surabaya. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan cara menggunakan angket yang telah diukur validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan dua cara yaitu secara deskriptif dan analisis SEM Amos 6 yang menggunakan program komputer SPSS for window Release 13. Hasil deskripsi data menunjukkan bahwa sebagian besar variabel berada pada katagori tinggi hanya variabel sarana dan prasarana yang berada pada katagori cukup.Hasil pengujian hipotesis hubungan langsung dapat dijelaskan bahwa (1) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru (2) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru (3) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sarana dan prasarana (4) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru (5) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi guru dan sikap guru (6) terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kompetensi guru dan kinerja guru (7) terdapat hubungan langsung negatif signifikan antara kompetensi guru dan sarana dan prasarana (8) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara sikap guru dan kinerja guru (9) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara sarana dan prasarana dan sikap guru (10) tidak terdapat hubungan langsung yang signifikan antara sarana dan prasarana dan kinerja guru. Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis hubungan tidak langsung dapat dijelaskan bahwa (1) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap guru melalui kompetensi guru (2) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sarana dan prasarana melalui kompetensi guru (3) tidak terdapat hubungan tidak lang- sung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan sarana dan prasarana malalui sikap guru (4) terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui kompetensi guru (5) tidak terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui sikap guru (6) tidak terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru melalui sarana dan prasarana (7) tidak terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara kompetensi guru dan kinerja guru melalui sarana dan prasarana (8) tidak terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara sikap guru dan kinerja guru melalui sarana dan prasarana . Berdasarkan hasil penelitian di atas terdapat beberapa saran yaitu (1) kepada para pengembang ilmu manajemen pendidikan hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan untuk menguatkan teori-teori yang memiliki peranan dominan terhadap pengembangan kinerja guru dan melakukan modifikasi terhadap teori-teori yang memiliki peranan lemah sehingga didapatkan teori baru yang lebih aktual dan fungsional untuk pengembangan kinerja guru (2) kepada para pimpinan kelompok bermain pendidikan anak usia dini diharapkan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai bahan balikan untuk meningkatan kompetensi kepemimpinannya kepada guru tutor atau pembimbing kelompok bermain pendidikan anak usia dini. Dengan adanya peningkatan kompetensi tentang kepemimpinannya maka diharapkan pembe- rian dorongan kepada guru-gurunya akan lebih baik dimasa yang akan datang (3) dalam rangka memaksimalkan sarana dan prasarana perlu bagi guru kelompok ber- main untuk selalu memperbaharui pengetahuannya dalam bidang penggunaan ICT metode terbaru yang diarahkan dalam pengembangan pembelajaran (4) Hendaknya diberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pimpinan pendidikan anak usia dini beserta guru-gurunya melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan. (5) hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi para peneliti di bidang manajemen pendidikan untuk mengadakan penelitian sejenis lebih lanjut tentang varibel lain seperti budaya sekolah gaji guru nilai guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63793

Actions (login required)

View Item View Item