Implementasi sistem informasi manajemen pada administrasi akademik perguruan tinggi online (studi kasus di Universitas Lampung) / Sumadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi sistem informasi manajemen pada administrasi akademik perguruan tinggi online (studi kasus di Universitas Lampung) / Sumadi

Sumadi (2008) Implementasi sistem informasi manajemen pada administrasi akademik perguruan tinggi online (studi kasus di Universitas Lampung) / Sumadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembangunan pendidikan di Indonesia saat ini lebih diarahkan pada peningkatan mutu agar mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menghadapi persaingan global. Begitu pula manajemen di perguruan tinggi dituntut untuk lebih efektif dan efisien. Implementasi sistem informasi manajemen untuk administrasi akademik diharapkan dapat mempercepat proses menghasilkan data yang akurat serta memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan mutu manajemen dan lulusan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang implementasi Sistem Informasi Administrasi Akademik (SIAKAD) Online di Unila. Adapun fokus yang dicermati dalam penelitian ini adalah Proses manajemen yang meliputi (a) organisasi (b) perencanaan (c) penganggaran (d) pelaksanaan program (e) evaluasi dan pelaporan serta (e) sikap dan perilaku dosen dan mahasiswa terhadap program SIAKAD Online. Berdasarkan karakteristik subyek dan fokusnya penelitian ini meng-gunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan studi kasus. Untuk mengungkap fenomena dalam penelitian ini dilakukan pengamatan secara mendalam dengan latar yang alami. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam observasi dan pengkajian dokumen. Analisis data dengan teknik induktif-konseptualistik. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui kriteria kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas data penelitian. Temuan penelitian ini adalah Pertama perencanaann SIAKAD Online melalui pendekatan bottom up dengan minta masukan dari fakultas dan jurusan dan top down dengan memperhatikan arahan dari Dirjen Dikti Depdiknas dan Renstra Unila. Perencanaan pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras ditangani oleh dosen Unila sendiri yang menjalin kerja sama dengan Central Exellen Microsoft dan PT Telkom. Kedua struktur organisasi SIAKAD Online masih merupakan bagian dari UPT Pusat Komputer dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung-jawab kepada Rektor. Pengelola SIAKAD Online dibutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian di bidangnya sehingga dapat bekerja secara profesional dan harus memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi. Ketiga sumber pembiayaan SIAKAD Online berasal dari (a) iuran mahasiswa (b) penerimaan negara bukan pajak (c) APBN (d) hibah (e) block grand dan 6) income generate sedangkan dalam pertanggungjawaban anggarannya merupakan bagian dari Unila secara keseluruhan mengikuti ketentuan APBN. Keempat aplikasi perangkat lunak SIAKAD Online menggunakan back end database Oracle dengan mesin IBM serta HP Proliant dan Operating System Linux ES 3. Untuk aplikasi server-nya menggunakan Preprocessor Hipertext Programming berjumlah 6 server. Pengelolaan bandwidth dilakukan oleh mesin gatedial.unila.ac.id dengan sistem operasi Free BSD dan Traffic Shaper Altq. Sistem jaringan yang digunakan untuk intranet berbentuk bintang bertingkat sedangkan jaringan untuk internet disediakan oleh switch yang terdapat di BBS Switching dan server-nya ter-dapat di simpul MISTC. Pengguna utama SIAKAD Online adalah maha-siswa dosen ketua jurusan ketua program studi dan Pembantu Dekan I. Kelima Evaluasi pelaksanaan program SIAKAD Online dilakukan oleh Tim Monev dibawah koordinasi Pembantu Rektor I Unila meliputi proses prosedur operasi pelaksanaan pengamanan dan kendala serta ke-rusakan yang terjadi. Laporan pelaksanaan program SIAKAD Online berupa LAKIP dan digabung dengan Laporan Tahunan Unila secara keseluruhan. Keenam sikap dosen terhadap implementasi SIAKAD Online pada awalnya banyak yang menolak yaitu para dosen yang berusia lanjut dan gagab teknologi. Perilaku dosen terhadap implementasi SIAKAD Online dapat dikategorikan (a) dosen yang sejak awal menerima dengan baik dan melaksanakan tugas secara mandiri (b) dosen yang dari awal menerima dengan baik tetapi belum melaksanakan tugas secara mandiri dan (c) dosen yang sejak awal sampai sekarang masih menolak. Sikap mahasiswa terhadap implementasi SIAKAD Online sebagian besar menyambut dengan baik serta merasa senang dan hanya sebagian kecil kurang senang. Perilaku mahasiswa sangat aktif mengakses SIAKAD namun sebagian besar masih mengguna-kan jaringan intranet. Saran untuk penyelenggara (a) harus diperhatikan aspek perangkat keras perangkat lunak sumberdaya manusia dan manajemen dengan cermat dan proporsional (b) perlu dilakukan pengkajian dan peninjauan organisasi SIAKAD Online agar sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan organisasi (c) perlu penggalian dana yang lebih intensif dari berbagai sumber untuk pembiayaan SIAKAD Online (d) infrastruktur program SIAKAD Online masih harus ditingkatkan baik jumlah maupun kapasitasnya (e) sumberdaya manusia yang terlibat dalam pelaksanaan SIAKAD Online perlu ditingkatkan kemampuan dan ketrampilannya (f) evaluasi program SIAKAD Online seyogyanya juga mengevaluasi keterpaduan sistemnya pengoperasiannya pengamanannya dan prosedurnya (g) perlu upaya khusus untuk membina dan melatih para dosen yang masih menolak dan gagap teknologi sebab melalui sosialisasi saja tidak cukup.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63788

Actions (login required)

View Item View Item