Hubungan kompensasi, keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan semangat kerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Jember / Eka Yudha Kristian - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kompensasi, keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan semangat kerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Jember / Eka Yudha Kristian

Rudy Sumiharsono (2008) Hubungan kompensasi, keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan semangat kerja guru SMP Negeri Se-Kabupaten Jember / Eka Yudha Kristian. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Judul penelitian ini menarik diteliti karena keterkaitan antara manajemen sumberdaya manusia yang bertujuan mengelola sumberdaya manusia secara tepat baik dan benar diharapkan dapat mewujudkan pelaksanaan manajemen pendidik-an yang baik disuatu organisasi khususnya di sekolah dalam mencapai tujuan. Variabel yang diteliti meliputi kompensasi keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan iklim sekolah kepuasan kerja dan semangat kerja merupakan bidang garapan manajemen sumberdaya manusia yang terkait erat dengan keberhasilan pelaksanaan manajemen pendidikan. Manajemen sumberdaya manusia merupakan salah satu bagian penting dari manajemen pendidikan yang dulu dikenal dengan manajemen personalia atau ketenagaan. Tujuan utama dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keadaan latar belakang guru SMP Negeri dan kondisi variabel-variabel penelitian serta untuk menemukan bukti empirik tentang ada tidaknya hubungan langsung dan tidak langsung yang signifikan antara kompensasi keterlibatan guru dalam peng-ambilan keputusan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan semangat kerja guru SMP Negeri se-Kabupaten Jember. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian survey dengan pen-dekatan cross sectional . Sedang dilihat dari cara analisis data penelitian ini termasuk tipe penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Jember melibatkan 62 SMP Negeri dan sampel penelitian sebanyak 200 guru PNS diambil dari populasi sebesar 1908 guru yang menyebar di 31 Kecamatan di Kabupaten Jember dengan teknik Proporsional Random Sampling . Data penelitian dikum-pulkan dengan instrumen angket yang telah terbukti memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang dipersyaratkan. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structural Equation Modelling) atau Pemodelan Persamaan Struktural. Menurut Ferdinand (2000) model analisis ini sangat tepat digunakan untuk menjawab permasalahan yang bersifat regresif dan dimensional dalam waktu yang bersamaan. Analisis data menggunakan komputer Program Amos 04. Hasil Analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata tingkat kompensasi keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan iklim sekolah kepu-asan kerja dan semangat kerja guru termasuk dalam kategori tinggi (2) Secara komprehensif model konseptual hubungan variabel yang dikembangkan memenuhi standar persyaratan Goodness-of-Fit sehingga dapat digunakan untuk menguji hipo-tesis. Dari hasil pengujian hipotesis hubungan langsung dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan langsung dan positif signifikan antara (1) kompensasi dengan kepuasan kerja dan semangat kerja guru (2) keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dengan iklim sekolah dan kepuasan kerja (3) iklim sekolah dengan sema-ngat kerja guru (4) kepuasan kerja dengan semangat kerja guru. Selain itu terdapat hubungan langsung yang tidak signifikan yaitu antara (1) kompensasi dengan keter-libatan guru dalam pengambilan keputusan dan iklim sekolah (2) iklim sekolah de-ngan kepuasan kerja (3) keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dengan semangat kerja guru. Sedangkan dari hasil pengujian hipotesis hubungan tidak langsung yang positif signifikan dapat dikemukakan (1) kompensasi dengan kepuasan kerja melalui keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan (2) kompensasi dengan semangat kerja melalui iklim sekolah (3) kompensasi dengan semangat kerja guru melalui kepuasan kerja (4) keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dengan sema-ngat kerja guru melalui iklim sekolah (5) keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dengan semangat kerja guru melalui kepuasan kerja. Selain itu terdapat hubungan tidak langsung yang negatif signifikan antara lain (1) kompensasi dengan kepuasan kerja melalui keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan (2) kompen-sasi dengan kepuasan kerja melalui iklim sekolah (3) iklim sekolah dengan sema-ngat kerja guru melalui kepuasan kerja. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) deskripsi seluruh variabel yang diteliti berkategori tinggi (2) hubungan kompensasi dengan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan tidak signifikan (3) hubungan kompensasi dengan iklim sekolah tidak signifikan (4) hubungan iklim sekolah dengan kepuasan kerja tidak signifikan (5) hubungan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dengan semangat kerja guru tidak signifikan (6) hubungan kompensasi dan semangat kerja guru rendah (7) hubungan keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dengan iklim sekolah paling dominan (8) hubungan tidak langsung antara kompensasi dengan kepuasan kerja melalui iklim berkorelasi negatif (9) hubungan tidak langsung antara kompensasi dengan semangat kerja guru melalui keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan berkorelasi negatif (10) hubungan tidak langsung antara iklim sekolah dengan semangat kerja guru melalui kepuasan kerja berkorelasi negatif dan (11) koefisiensi korelasi hubungan tidak langsung rendah secara kese-luruhan. Berdasarkan temuan penelitian diajukan beberapa saran yakni pembinaan kepala sekolah agar (1) lebih kapabel fokusnya pada kemampuan kepemimpinan dalam kebijakan pemberian kompensasi (2) mengikutsertakan guru dalam pengam-bilan setiap keputusan (3) terwujud iklim sekolah yang terbuka (4) mening katkan kepuasan kerja guru terhadap pekerjaan yang ditekuninya gaji atau imbalan lain peluang promosi pengawasan kepala sekolah hubungan kerja yang kondusif dan rekan kerja yang mendukung serta terhadap pekerjaan yang secara umum menye-nangkan dan memberikan tantangan untuk berprestasi (5) meningkatkan pemberian kompensasi (6) perbaikan iklim sekolah dan peningkatan kepuasan kerja guru agar mendorong semangat kerja guru (7) perwujudan iklim sekolah yang terbuka dan demokratis (8) peneliti yang ingin melakukan analisis seluruh indikator secara simultan menggunakan metode SEM.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63786

Actions (login required)

View Item View Item