Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar konsep dan prosedur atatistika / Rufi'i - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar konsep dan prosedur atatistika / Rufi'i

Rufi'i (2010) Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar konsep dan prosedur atatistika / Rufi'i. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. dan (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata Kunci algo-heuristic konvensional gaya kognitif perolehan belajar Secara umum pebelajar merasa sulit belajar Statistika sehingga tidak tertarik belajar. Ketidaktertarikan pebelajar dapat disebabkan oleh bentuk pembelajarannya di kelas. Sistem pembelajaran konvensional bukanlah hal yang salah tetapi idealnya proses pembelajaran yang baik akan menempatkan dosen sebagai pengelola pembelajaran bukan sebagai pemberi informasi satu-satunya. Untuk mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran konvensional maka perlu dikembangkan strategi pembelajaran algo-heurisitic yang memperhatikan perbedaan kemampuan pebelajar mendukung pembelajaran perseorangan dan mandiri dan yang dapat memudahkan belajar pebelajar. Tujuannya untuk dapat mengajarkan pada para pebelajar secara efektif tentang bagaimana cara menerapkan suatu pengetahuan dan memecahkan masalah-masalah yang sesuai. Strategi pembelajaran algo-heurisitic merupakan teknik untuk mengambil suatu pemikiran dan menyampaikannya pada bentuk pemikiran yang lain dan menjadikan proses itu bersifat otomatis proses pemikiran itu adalah kognitif. Proses algo-heuristic secara langkah demi langkah memberikan suatu penjelasan setelah satu langkah dikuasai. Hal itu harus diterapkan bersama dengan semua langkah-langkah yang telah ada sebelumnya dalam algorithmic. Strategi pembelajaran digunakan dalam mengajarkan dengan cara a) meminta para pebelajar untuk membuat sebuah penemuan secara mandiri mengenai apa yang seharusnya dipelajari dengan membimbing kepada pebelajar secara baik dan b) mengajarkan pada pebelajar metode dan pengetahuan yang telah siap pakai. Selain strategi pembelajaran hal yang perlu juga menjadi perhatian dosen dalam pembelajaran adalah kondisi pembelajaran di antaranya gaya kognitif. Gaya kognitif menggambarkan kebiasaan berperilaku relatif tetap dalam diri seseorang dalam menerima memikirkan memecahkan masalah maupun dalam menyimpan informasi. Sejauh mana pengaruh utama dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan konsep dan prosedur statistika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengujian (1) perbedaan perolehan belajar konsep Statistika antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran algo-heuristic dan strategi pembelajaran konvensional (2) perbedaan perolehan belajar konsep Statistika antara pebelajar yang belajar dengan gaya kognitif field independence dan field dependence (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar konsep Statistika. (4) perbedaan perolehan belajar prosedur Statistika antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran algo-heuristic dan strategi pembelajaran konvensional (5) perbedaan perolehan belajar prosedur Statistika antara pebelajar yang belajar dengan gaya kognitif field independence dan field dependence (6) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar prosedur Statistika. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain non-equivalent control group dengan menerapkan desain faktorial 2x2 dalam rancangan eksperimennya. Subjek penelitian adalah pebelajar semester IV tahun akademik 2009/2010 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Jenjang S1 dan Program Studi Kebidanan Jenjang D-III Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang terdiri enam kelas sebesar 217 orang. Subjek diambil secara acak di mana yang diambil acak adalah kelas. Subjek penelitian ditetapkan dua kelas PGSD dan dua kelas Kebidanan dengan jumlah 146 orang. Hipotesis penelitian diuji dengan uji statistika Multivariate Analysis of Variance (Manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan perolehan belajar konsep Statistika antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran algo-heuristic dan strategi pembelajaran konvensional (F 13 459 p 0 00) (2) ada perbedaan perolehan belajar konsep Statistika antara pebelajar yang belajar dengan gaya kognitif field independence dan field dependence (F 4 994 p 0 027) (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar konsep Statistika (F 0 767 p 0 383) (4) ada perbedaan perolehan belajar prosedur Statistika antara pebelajar yang belajar dengan strategi pembelajaran Algo-heuristic dan strategi pembelajaran konvensional (F 8 298 p 0 005) (5) ada perbedaan perolehan belajar prosedur Statistika antara pebelajar yang belajar dengan gaya kognitif field independence dan field dependence (F 21 438 p 0 000) (6) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap perolehan belajar prosedur Statistika (F 0 601 p 0 44). Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada para dosen menggunakan strategi pembelajaran algo-heuristic dalam matakuliah Statistika yang diampu dengan strategi pembelajaran yang direncanakan diterapkan dan dilaksanakan secara baik. Dengan menggunakan strategi ini diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63779

Actions (login required)

View Item View Item