Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Grace Christina - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Grace Christina

Christina, Grace (2016) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang / Grace Christina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Christina Grace. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Picture and Picture pada Kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Skripsi Prodi S1Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Dra.Siti Umayaroh S.Pd M.Pd. Kata Kunci Keterampilan Menulis Karangan Narasi Model Picture and Picture Sekolah Dasar. Hasil observasi di kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi. Kesulitan-kesulitan yang ditemui saat observasi antara lain (1) siswa kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan (2) belum mampu mengembangkan paragraf dengan baik dan (3) kurang termotivasi mengikuti pembelajaran menulis. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model Picture and Picture di kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Serta bagaimanapeningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang melalui model Picture and Picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data mneggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi pedoman dokumentasi dan pedoman penilaian. Analisis data yang dilakukan meliputi 3 tahap yaitu reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini ditemukan bahwa (1) siswa dapat mengemukakan dan menuangkan ide secara logis melalui diskusi kelompok (2)siswa dapat menulis kalimat dengan runtut (3) siswa bersemangat mengikuti pembelajaran menulis karena tersedianya media gambar yang menarik. Hasil penelitian terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 71 dan ketuntasan klasikal 57% atau 16 siswa pada siklus II meningkat menjadi 78 dan ketuntasan klasikal 78% atau 22 siswa dengan nilai 8805 75. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Karangrejo 02 Kecamatan Kromengan Kabupaten Malang. Saran bagi sekolah model picture and picture dapat dipertimbangkan untuk diterapkan di kelas tinggi materi menulis bagi guru hendaknya lebih giat memotivasi dan mengontrol siswa agar tidak terjadi kegaduhan sertabagi peneliti lain agar mempertimbangkan untuk melanjutkan penelitian penerapan model pembelajaran picture and picture dengan menggunakan lebih dari 4 gambar seri untuk mempermudah siswa memahami alur cerita serta media gambar yang lebih sederhana dengan ukuran yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6376

Actions (login required)

View Item View Item