Pengaruh strategi pembelaharan problem based learning dan gaya kognitif terhadap hasil belajar geografi kelas XI SMA / Kusmiyati

Kusmiyati (2019) Pengaruh strategi pembelaharan problem based learning dan gaya kognitif terhadap hasil belajar geografi kelas XI SMA / Kusmiyati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusmiyati. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed., M.Pd., (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (3) Dr. Sulton, M.Pd. Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya kognitif, hasil belajar Hampir setiap aspek kehidupan manusia selalu dipenuhi dengan masalah yang membutuhkan sebuah solusi. Sebagian besar masalah yang ada adalah masalah yang tidak terstruktur (ill-structured). Dengan demikian kemampuan memecahkan masalah merupakan kamampuan yang sangat penting untuk dikembangkan pada diri siswa. Dalam mengembangkan kemampuan memecahkan masalah perlu dipehatikan faktor internal siswa, salah satunya adalah gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran, dan gaya kognitif terhadap hasil belajar pemecahan masalah geografi di SMA. Strategi pembelajaran yang dikaji adalah strategi pembelajaran berbasis masalah yang tidak terstruktur (ill-structured) dengan strategi pembelajaran berbasis masalah yang terstruktur dengan baik (well-struktur). Gaya kognitif yang digunakan adalah gaya kognitif field independent (FI) dengan gaya kognitif field dependent (FD) Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Analysis data menggunakan analisis of variance (Anova) dengan desain faktorial 2X2. Subjek penelitian melibatkan 128 siswa kelas XI SMA Negeri 10 Surabaya dan SMA Negeri 19 Surabaya. Subjek penelitian dipilih menggunakan tehnik cluster sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar pemecahan masalah geografi antara kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran problem based learning berdasarkan ill-structured problem ( PBL isp) dengan kelompok siswa yang diajar dengan pembelajaran problem based learning berdasarkan well-structured problem (PBL wsp), (2) ada perbedaan signifikan hasil belajar pemecahan masalah antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan field dependen, (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar pemecahan masalah siswa kelas XI SMA. Statistik descriptif menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PBL isp ( rerata 77,45) memberi pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa dibanding strategi pembelajaran PBL wsp ( rerata 66,67) Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian tersebut disarankan kepada para guru : 1) menerapkan strategi PBL ill-structured problem pada pokok bahasan tertentu yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran PBL isp dalam upaya mencapai kompetensi pemecahan masalah, 2) perlu menjadi perhatian bagi para guru dalam mengelola waktu, sarana yang diperlukan dan mendampingi siswa sebagai fasilitator dan motivator sampai selesai, 3) pemilihan masalah yang disajikan harus kontkestual dalam kehidupan nyata dan yang tidak terstruktur (ill structured problem), 4) perlunya untuk mengadakan pelatihan pemecahan masalah, baik well-structured problem maupun ill-structured problem, sehingga siswa berlatih memperbaiki prilaku, praktek dan kinerja dalam memecahkan masalah yang kreatif maka akan meningkatkan keterampilan dalam menemukan solusi dalam pemecahan masalah dunia nyata, 5) Kualitas pembelajar sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah, oleh sebab itu yang bertanggung jawab dalam pendampingan terhadap pelatihan pemecahan masalah seharusnya guru yang sudah memahami kinerja PBL dan pemecahannya, dan 6) yang tidak kalah penting, yang seharusnya juga menjadi perhatian adalah kondisi pembelajaran seperti gaya kognitif siswa, minat, bakat, motivasi, kemampuan awal siswa dan lain-lain karena hal ini juga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa jika hal itu diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63750

Actions (login required)

View Item View Item