Peningkatan pemahaman konsep bangun datar melalui model CTL siswa kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Fatmawati BT. Baba - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep bangun datar melalui model CTL siswa kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Fatmawati BT. Baba

Baba, Fatmawati BT. (2016) Peningkatan pemahaman konsep bangun datar melalui model CTL siswa kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang / Fatmawati BT. Baba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Baba Fatmawati BT. 2016. Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Melalui Model CTL Siswa kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembeimbing (1) Dra. Hj Endang Setyo Winarni M.Pd (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd Kata Kunci Pemahaman Konsep model CTL Berdasarkan hasil observaasi di kelas II pada waktu pembelajaran Matematika adalah sebagai berikut (1) proses belajar mengajar masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan kreatif dalam menemukan konsep (2) penjelasan dari nguru kurang dapat dipahami oleh siswa dengan baik (3) dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas dan (4) siswa banyak yang belum bisa membedakan bangun datar snegan benar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model CTL dalam pembelajaran bangun datar(2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep bangun datar kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penerapan model CTL dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu dari baik (71%) pada siklus I menjadi sangat baik (85%) pada siklus II. Model CTL juga dapat meningkatkan aktivitas dari cukup (53%) pada siklus I menjadi cukup (55.7%) pada siklus II. Pemahaman siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada saat pratindakatan persentase ketuntasan klasikal dari sangat kurang (15%) meningkat menjadi sangat kurang (20%) pada siklus I dan meningkat lagi menjadi sangat baik (80 1%) pada siklus II. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun datar kelas siswa kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang disarankan kepada guru kelas II SDN Slamet 01 Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang untuk menggunakan model CTL dan metode yang bervariasi menggunakan media mengelola kelas dengan baik dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar agar pemahaman siswa meningkat dan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6375

Actions (login required)

View Item View Item