Pengaruh collaborative problem solving berbatuan advance organizer terhadap pemahaman dan aplikasi konsep pemogram komputer pada mahasiswa dengan gaya kognitif berbeda / Dyah Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh collaborative problem solving berbatuan advance organizer terhadap pemahaman dan aplikasi konsep pemogram komputer pada mahasiswa dengan gaya kognitif berbeda / Dyah Susilowati

Susilowati, Dyah (2019) Pengaruh collaborative problem solving berbatuan advance organizer terhadap pemahaman dan aplikasi konsep pemogram komputer pada mahasiswa dengan gaya kognitif berbeda / Dyah Susilowati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Susilowati Dyah 2018 Pengaruh Collaborative Problem solving Berbantuan Advance Organizer terhadap Pemahaman dan Aplikasi Konsep Pemrograman Komputer pada mahasiswa dengan Gaya Kognitif Berbeda. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Edu. M.Pd. (3) Saida Ulfa S.T. M.Edu. PhD. Keywords Collaborative problem solving advance organizer gaya kognitif pemrograman komputer Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji perbedaan pemahaman konsep pemrograman computer antara kelompok yang menggunakan collaborative problem solving berbantuan advance organizer dengan kelompok mahasiswa yang hanya menerima pembelajaran collaborative problem solving tanpa advance organizer (2) Menguji perbedaan aplikasi konsep pemrograman komputer antara kelompok yang menggunakan collaborative problem solving berbantuan advance organizer dengan kelompok mahasiswa yang hanya menerima pembelajaran collaborative problem solving tanpa advance organizer (3) Menguji perbedaan pemahaman konsep pemrograman komputer antara kelompok yang memiliki gaya kognitif field dependence dan kelompok field independence (4) Menguji perbedaan aplikasi konsep pemrograman komputer antara kelompok yang memiliki gaya kognitif field dependence dan kelompok field independence (5) Menguji adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif FD dan FI ) terhadap pemahaman konsep pemrograman komputer (6) Menguji adanya interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif (FD dan FI ) terhadap aplikasi aplikasi pemrograman komputer. Pada penelitian ini digunakan rancangan quasi eksperimental pretest posttest non-equivalent control grup design. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi S1 Teknik Informatika sebanyak 82 orang dikelompokkan dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 42 mahasiswa dan kelas kontrol sebanyak 40 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes gaya kognitif pretest dan postest. Analisis data menggunakan teknik analisis varian multivariabel (MANOVA). v Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep pemrograman komputer antara kelompok mahasiswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran collaborative problem solving berbantuan advance organizer (CPS berbantuan AO) dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran collaborative problem solving tanpa advance organizer (CPS tanpa AO).(2) terdapat perbedaan signifikan pada aplikasi konsep pemrograman komputer antara kelompok mahasiswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran collaborative problem solving berbantuan advance organizer (CPS berbantuan AO) dengan kelompok mahasiswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran collaborative problem solving tanpa advance organizer (CPS tanpa AO).(3) terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependence (FD) dengan mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independence (FI).(4) terdapat perbedaan yang signifikan pada aplikasi konsep pemrograman komputer antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependence (FD) dan peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independence (FI).(5) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran collaborative problem solving berbantuan advance organizer (CPS berbantuan AO) dan strategi pembelajaran collaborative problem solving tanpa advance organizer (CPS tanpa AO) dengan gaya kognitif field dependence (FD) dan field independence (FI) terhadap pemahaman konsep pemrograman komputer mahasiswa. (6) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran collaborative problem solving berbantuan advance organizer (CPS berbantuan AO) dan strategi pembelajaran collaborative problem solving tanpa advance organizer (CPS tanpa AO) dengan gaya kognitif field dependence (FD) dan field independence (FI) terhadap aplikasi konsep pemrograman komputer mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian disampaikan beberapa saransebagai berikut (1) Penerapan strategi pembelajaran collaborative problem solving dapat dilakukan dengan memperhatikan kesiapan pembelajar mahasiswa dan sarana prasarana penunjang proses belajar mengajar (2) dalam penggunaan strategi pembelajaran disarankan menggunakan bantuan advance organizer agar mahasiswa dapat lebih optimal ntuk peningkatan pemahaman dan aplikasi konsep (3) dalam proses vi pembelajaran pemrograman komputer pembelajar sebaiknya memperhatikan gaya kognitif mahasiswa karena gaya kognitif mahasiswa berpengaruh dalam proses belajar pemrograman komputer. (4) keterampilan Collaborative Problem solving sebagai variabel terikat perlu dikaji lebih mendalam pada penelitian selanjutnya (5) dalam belajar pemrograman dimensi pengetahuan prosedural sangat penting untuk dikaji pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63749

Actions (login required)

View Item View Item