Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan self regulated learning terhadap pemahaman konsep / Sholikhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan self regulated learning terhadap pemahaman konsep / Sholikhan

Sholikhan (2018) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan self regulated learning terhadap pemahaman konsep / Sholikhan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sholikhan. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Self Regulated Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Dr. Supriyono Keos Handayanto M.Pd. M.A. Kata Kunci Strategi pembelajaran inkuiri self regulated learning pemahaman konsep Fisika Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu ketrampilan yang dibutuhkan pebelajar dalam menghadapi tantangan abad 21 (Degeng 2014 Turiman et al. 2011). Pemahaman konsep merupakan bagian integral dari ketrampilan memecahkan masalah (Sutopo 2016 Walsh et al. 2007). Inkuiri merupakan strategi pembelajaran yang direkomendasikan untuk memperoleh pemahaman konsep dalam pembelajaran sains. Tujuan penelitian ini adalah 1) menguji perbedaan pemahaman konsep fisika antara peserta didk yang belajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing inkuiri bebas dan pembelajaran konvensional (ekspositori) 2) Menguji perbedaan pemahaman konsep fisika antara yang peserta didik mempunyai dimensi Self regulated learning tinggi dengan dimensi Self regulated learning rendah dan 3) menguji pengaruh interaksi antara strategi pembelajarn inkuiri dengan Self regulated learning terhadap pemahaman konsep fisika. Penelitian ini menggunakan quasi eksperiment pretest-postest non-equivalent control group design yang melibatkan 192 subyek siswa dua SMA di Kota Malang. Instrumen penelitian ini berupa tes pemahaman konsep dan angket SRL. Tes pemahaman konsep yang digunakan bersumber dari materi pelajaran yang diberikan pada saat penelitian yang berjumlah 22 butir soal sementara angket SRL yang digunakan mengadaptasi angket SRL dari skala yang dikembangkan Pintrich Paur R. De Groot Elisabeth V Motivasional and Self Regulated Learning Component of Classroom Academic Performance. Teknik analisis data mencakup uji pra syarat analisis dan uji hipotesis penelitian. Untuk uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas data dan uji homogenitas varian. Uji normalitas data menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas varian menggunakan Levene s test sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan statistik parametrik dengan teknik analisis ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep antara kelompok peserta didik yang melaksanakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing inkuiri bebas dan ekspositori (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep antara kelompok peserta didik yang memiliki SRL tinggi dengan kelompok peserta didik yang memiliki SRL rendah (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran ekspositori dengan SRL tinggi dan SRL rendah terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik. Saran penelitian jika guru-guru fisika di SMA menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing atau inkuiri bebas pada mata pelajaran fisika hendaknya memperhatikan tingkat SRL pebelajar agar memperoleh pemahaman konsep fisika yang optimal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63744

Actions (login required)

View Item View Item