Pengaruh strategi balikan dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman dan penerapan konsep Pancasila pada pembelajaran PPKn model inquiry jurisprudensi di sekolah menengah kejuruan / Sumarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi balikan dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman dan penerapan konsep Pancasila pada pembelajaran PPKn model inquiry jurisprudensi di sekolah menengah kejuruan / Sumarno

Sumarno (2018) Pengaruh strategi balikan dan motivasi berprestasi terhadap pemahaman dan penerapan konsep Pancasila pada pembelajaran PPKn model inquiry jurisprudensi di sekolah menengah kejuruan / Sumarno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sumarno. 2017. Pengaruh Strategi Balikan dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman dan Penerapan Konsep Pancasila Pada Pembelajaran PPKn Model Inkuiri Jurisprudensi Di SMK. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. M.Pd. (II) Prof. Dr. Hariyono M.Pd. dan (III) I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D Kata kunci strategi balikan motivasi berprestasi pemahaman dan penerapan Pembelajaran konsep nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di lembaga-lembaga pendidikan formal atau sekolah menurut Y.B Adimassana (2000 32) terdapat permasalahan penting diantaranya adalah hasil pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah formal terdapat kesenjangan hasil belajar kognitif pemahaman dan penerapan konsep nilai-nilai Pancasila. Keberhasilan kemampuan pemahaman tidak diikuti kemampuan penerapan . Tujuan penelitian adalah untuk menguji apakah terdapat (1) perbedaan hasil belajar pemahaman dan penerapan konsep ideologi Pancasila antara kelompok peserta didik yang diberi perlakuan strategi balikan langsung dan tidak langsung pada pembelajaran PPKn model inquiry jurisprudensi (2) perbedaan hasil belajar pemahaman dan penerapan konsep ideologi Pancasila antara kelompok peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah pada pembelajaran PPKn model Inquiri Jurisprudensi dan (3) pengaruh interaksi antara strategi balikan langsung-tidak langsung dan motivasi berprestasi tinggi-rendah terhadap hasil belajar pemahaman dan penerapan konsep ideologi Pancasila pada pembelajaran PPKn model Inquiri Jurisprudensi Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu (quasi-experiment) jenis pretes-posttest non equivalen control group dengan factorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK kelas sepuluh berjumlah 680 anak yang terbagi menjadi 22 rombongan belajar atau kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling kelompok (cluster) sebanyak empat (4) rombel atau kelas dengan jumlah keseluruhan 102 peserta didik. Rombongan belajar terpilih 1 dan 2 atau berjumlah 50 peserta didik dijadikan kelompok eksperimen dan rombongan belajar 3 dan 4 berjumlah 52 peserta didik dijadikan sebagai kelompok kontrol. Instrumen untuk mengumpulkan data penelitian adalah kuesioner motivasi berprestasi dan soal tes pemahaman dan penerapan konsep. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik Manova yaitu dengan teknik Uji t dan Uji F. Teknik Uji t atau uji parsial digunakan untuk menguji bagaimana pengaruh masing-masing variabel bebas secara sendiri-sendiri terhadap variabel terikat. Tenik Uji F atau uji serentak digunakan untuk menguji bagaimana pengaruh semua variabel bebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Hasil temuan penelitian yaitu (1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pemahaman konsep antara kelompok siswa yang diberi perlakuan strategi balikan langsung dan tidak langsung (2) tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pemahaman konsep antara kelompok siswa bermotivasi berprestasi rendah dan tinggi (3) tidak ada interaksi antara strategi balikan dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pemahaman konsep (4)ii terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar penerapan konsep antara kelompok siswa yang diberi perlakuan strategi balikan langsung dan tidak langsung (5) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar penerapan konsep antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah dan tinggi dan (6) tidak ada interaksi antara strategi balikan dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar penerapan konsep. Kesimpulan hasil penelitian adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pemahaman konsep antara kelompok peserta didik yang diberi perlakuan strategi balikan langsung dan tidak langsung maupun pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar penerapan konsep antara kelompok peserta didik yang diberi perlakuan strategi balikan langsung dan tidak langsung maupun pada kelompok peserta didik bermotivasi berprestasi tinggi dan rendah. Tidak ada interaksi antara strategi balikan dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan penerapan konsep dalam pembelajaran Ideologi Pancasila dengan model inquiry jurisprudensi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63740

Actions (login required)

View Item View Item