Rahmadhani, Nadia Joan (2016) Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I di SDN Senggreng 01 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang / Nadia Joan Rahmadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rahmadhani Nadia Joan. 2016. Penggunaan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I di SDN Senggreng 01 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M.Thoha A.R. S.Pd. M. Pd. Pembimbing (2) Dr. Muhana Gipayana M. Pd. Kata kunci membaca permulaan media kartu kata. Hasil observasi pembelajaran bahasa Indonesia keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Senggreng 01 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang terdapat beberapa kekurangan diantaranya (1) guru hanya menggunakan metode ceramah (2) guru tidak menggunakan media sehingga siswa kurang berminat dan tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan masih banyak siswa kelas I yang masih belum bisa membaca dengan lancar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas I SDN I Senggreng 01 Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 24 siswa. Langkah-langkah peneliti berupa (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Data yang diperoleh berupa tes lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan penerapan media kartu kata ternyata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I. Pada tahap pratindakan rata-rata nilai kelas 65 dengan persentase ketuntasan 42%. Siklus I pertemuan pertama mengalami peningkatan rata-rata menjadi 71 dengan persentase ketuntasan 58%. siklus I pertemuan kedua mengalami peningkatan rata-rata menjadi 76 dengan persentase ketuntasan 79%. Siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar bahasa Indonesia siswa sebesar 80 dengan persentase keberhasilan tindakan sebesar 96%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia keterampilan membaca permulaan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media kartu kata.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6374 |
Actions (login required)
View Item |