Pengaruh strategi pembelajaran jurisprudential inquiry dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa / Hernawaty Damanik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran jurisprudential inquiry dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa / Hernawaty Damanik

Damanik, Hernawaty (2018) Pengaruh strategi pembelajaran jurisprudential inquiry dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar siswa / Hernawaty Damanik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damanik Hernawaty. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Jurisprudential Inquiry dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Siswa. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. Kata kunci Strategi pembelajaran inquiry jurisprudential inquiry social science inquiry kemampuan berfikir logis hasil belajar Pembelajaran PPKn berperan penting dalam mengajarkan nilai-nilai dan pembentukan karakter bangsa. Oleh karena itu materi PPKn yang diajarkan sarat akan nilai-nilai pembentukan karakter harus dibelajarkan dengan menarik dan menyenangkan. Dari hasil pengamatan dan kajian berbagai sumber bacaan diketahui pembelajaran PPKn belum berlangsung dengan baik dan kurang diminati siswa. Di era globalisasi dan menghadapi pendidikan abad 21 perlu adanya konsep pendidikan kewarganegaraan yang responsif siswa dituntut untuk mengerti apa yang terjadi di sekitarnya dan membahas isu-isu sosial yang berkembang. Siswa dituntut belajar banyak dari berbagai sumber dan pro aktif agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan atau keahlian yang memadai dan mampu bersaing di masyarakat di suatu negara dan di dunia. Untuk itu siswa diarahkan agar mampu berpikir secara logis kritis rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan. Salah satu strategi pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan tujuan pembelajaran PPKn di abad 21 adalah strategi inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar melalui strategi pembelajaran inquiry (jurisprudential inquiry dan social science inquiry) dan kemampuan ber-pikir logis terhadap hasil belajar. Pengaruh kedua strategi tersebut juga diteliti berdasarkan tingkat kemampuan berpikir logis siswa yaitu rendah dan tinggi di jurusan MIPA dan IPS. Interaksi antara strategi pembelajaran inquiry (jurispru-dential inquiry dan social science inquiry) keterampilan berpikir logis dan jurusan MIPA dan IPS juga diungkapkan. Metode penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu (quasi-experimental) 2x2x2. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Malang. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 90 siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Instrumen yang digunakan adalah tes yaitu tes hasil belajar PPKn dan tes Longeot untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir logis siswa. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan teknik analisis kovarians (ANCOVA) 3 jalur dengan bantuan SPSS 20 for windows pada tingkat signifikansi 0 05. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi jurisprudential inquiry (JI) dengan sekelompok siswa yang dibelajarkan dengan social science inquiry (SSI) (2) Terdapat perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang mempunyai kemampuan berpikir logis tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan berpikir logisrendah (3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran jurisprudential inquiry dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X SMA. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru PPKn dapat menerapkan strategi inquiry dalam proses pembelajaran dan membangun pemikiran logis siswa. Kemampuan berpikir logis akan membantu siswa untuk menyaring informasi yang ada di era globalisasi saat ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63739

Actions (login required)

View Item View Item