Pengaruh model pembelajaran on board picture stories dan motivasi berprestasi terhadap peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MAN I Malang / Subhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran on board picture stories dan motivasi berprestasi terhadap peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MAN I Malang / Subhan

Subhan (2017) Pengaruh model pembelajaran on board picture stories dan motivasi berprestasi terhadap peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik kelas X MAN I Malang / Subhan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Subhan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran On Board Picture Stories dan Motivasi Berprestasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X MAN 1 Malang. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Haryono M.Pd (III) Dr. Anselmus J. Toenlioe M.Pd Kata kunci On Board Picture Stories Motivasi Berprestasi Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajara on board picture stories dan motivasi berprestasi terhadap peningkatan hasil belajar sejarah peserts didik kelas X MAN 1 Malang. Hal ini didasarkan pada permasalahan yang selama ini dijumpai di lapangan yaitu pembelajaran masih didominasi oleh guru (tacher centered) dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi sesuai dengan karakteristik dan standar kompetensi mata pelajaran. Realitas pembelajaran bidang studi sejarah di sekolah/madrasah yang cenderung bersifat konvensional monoton dan lebih menenkankan pada paradigma teacher centered ini tidak selaras dengan paradigma pembelajaran yang sudah bergeser ke arah student centered. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Subjek penelitian dibagi atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masingmasing dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok motivasi tinggi dan kelompok motivasi rendah. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang belajar menggunakan model on board picture stories dan kelompok kontrol adalah kelompok yang belajar dengan model diskusi (konvensional). Penelitian diawali dengan menganalisis kemampuan kedua kelompok untuk memastikan kedua kelompok mempunyai kemampuan belajar yang sama. Selanjutnya kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model on board picture stories dan pada kelas kontrol diterapkan diskusi (konvensional). Pada akhir pembelajaran dilakukan tes yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada peserta didik yang mempunyai motivasi tinggi dan mempunyai motivasi rendah. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Malang yang tersebar dalam 4 kelas paralel (122 peserta didik). Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan teknik undian terhadap seluruh kelas X. Instrumen pelaksanaan dalam penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perangkat pembelajaran tersebut terdiri atas silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Peserta didik (LKS) dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen pengukuran pada penelitian ini adalah angket motivasi dan tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik annava variansi dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan pertama pembelajaran dengan menggunakan on board picture stories berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar sejarah. Dari penelitian ini diketahui bahwa peserta didik yang belajar dengan menggunakan on board picture stories memiliki hasil belajar yang lebihvii tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang belajar menggunakan model diskusi (konvensional). Kedua dari hasil analisis diperoleh Q2hitung 4 03 Qt 3 85 yang berarti bahwa peserta didik yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi mempunyai prestasi belajar sejarah yang lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai motivasi rendah baik yang belajar dengan on board picture stories maupun yang belajar dengan model diskusi (konvensional).Ketiga hasil analisis pada faktor interaksi menunjukkan nilai Fhitung 1 69 Ftabel 3 96. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63737

Actions (login required)

View Item View Item