Pengembangan bahan ajar pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencanaan pada Kementerian Aama / Agus Sunaryo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencanaan pada Kementerian Aama / Agus Sunaryo

Sunaryo, Agus (2017) Pengembangan bahan ajar pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencanaan pada Kementerian Aama / Agus Sunaryo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agus Sunaryo. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Perencana Pada Kementerian Agama Menggunakan Model Dick And Carey. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed M.Pd (II) Dr. Sulthon M.Pd (III) Dr. Dedi Kuswandi. Kata Kunci bahan ajar kualitas pembelajaran pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana pengembangan Bahan ajar menempati peran yang sangat penting karena merupakan suatu proses pembelajaran yang bisa mengarahkan peserta pendidikan dan pelatihan menjadi pembelajar mandiri atau autonomous learners. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Perencana dipandang sangat perlu mengembangkan bahan ajar yang memiliki fungsi sangat penting dalam teknologi pembelajaran. Jika pembelajaran dapat tercapai dengan baik maka tentunya akan dapat menunjang terhadap kualitas pendidikan karena salah satu masalah pokok yang dihadapi dalam bidang pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana sampai saat ini berkaitan dengan masalah kualitas dan efisiensi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar untuk peningkatan kualitas pembelajaran peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana dengan menggunakan model Dick and Carey. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan Reseach and Development. Pengembangan bahan ajar model Dick and Carey dengan pendekatan sistem karena mementingkan hubungan antara masing-masing komponen. Subyek penelitian adalah peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana tingkat pertama muda dan madya pada Kementerian Agama. Subyek penelitian dipilih dari populasi peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana tingkat pertama muda dan madya yang dilaksanakan Pusat Pembinaan Pendidikan Pelatihan Perencanaan Bappenas bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Ekonomi Makro Universitas Indonesia MAP Universitas Gajah Mada dan RCCP Universitas Brawijaya. Hasil Penelitan menunjukkan bahwa (1) menurut ahli evaluasi ahli rancangan pembelajaran menunjukkan kelengkapan kebenaran dan kualitas rancangan komponen bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak/baik/jelas/sesuai/logis/memadai/menarik/memotivasi (2) menurut ahli evaluasi isi pembelajaran menunjukkan kelengkapan kebenaran dan kualitas rancangan komponen bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak /baik /jelas /sesuai /logis /memadai/menarik/memotivasi (3) menurut ahli media pembelajaran menunjukkan kelengkapan kebenaran dan kualitas rancangan komponen bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak/baik/jelas/sesuai/logis/memadai/menarik/memotivasi (4) penggunaan produk bahan ajar hasil pengembangan menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana yang ditunjukkan dari perbedaan hasil pre test dan post test. ABSTRACT Agus Sunaryo. 2016. Development of Teaching Instructional Materials and Training of Planners at the Ministry of Religious Planning Using Model Dick And Carey. Dissertation Study Program of Learning Technology Graduate Program of State University of Malang Supervisor (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed M.Pd (II) Dr. Sulthon M.Pd (III) Dr. Dedi Kuswandi. Keywords instructional materials learning quality education and training of planning planners development Teaching materials occupy a very important role because it is a learning process that can lead education and training participants into independent learners or autonomous learners. To improve the efficiency and effectiveness of the learning process in Planner Education and Planning Education it is deemed necessary to develop teaching materials that have a very important function in learning technology. If learning can be achieved well then it will certainly be able to support the quality of education because one of the main problems faced in the field of education and training planner hierarchy until now related with quality and efficiency issues. The purpose of this study is to produce teaching materials for improving the quality of learning participants and training in planning planners by using Dick and Carey model. This research uses research and development method or commonly called as Reseach and Development. Development of teaching materials Dick and Carey model with a system approach because the importance of the relationship between each component. The subjects of the study were the participants of education and training of first young and middle level planners in the Ministry of Religious Affairs. The research subjects were selected from the first and youngest participants of the first and younger education placement education participants conducted by the Bappenas Planning Education Training Center in collaboration with the University of Indonesia Institute for Macro Economic Research the MAP of Gajah Mada University and the RCCP Universitas Brawijaya. The results of the research indicate that (1) according to the expert evaluation expert the design of the learning shows the completeness of the truth and the quality of the design of the developed teaching material component is declared very reasonable / good / clear / appropriate / logical / adequate / interesting / motivating Learning shows the completeness of the truth and the quality of the design of the components of the developed learning materials are stated very reasonable / good / clear / appropriate / logical / adequate / interesting / motivating (3) according to the instructional media experts show the completeness of the truth and quality of the design of teaching materials components developed otherwise (4) the use of teaching materials product development results show improvement of learning outcomes of education participants and training of planning planners shown from the difference of pre test and post test results.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63736

Actions (login required)

View Item View Item