Pengaruh strategi belajar mandiri berbasis web vs teks dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan / Syamsul Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi belajar mandiri berbasis web vs teks dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan / Syamsul Hidayat

Hidayat, Samsul (2017) Pengaruh strategi belajar mandiri berbasis web vs teks dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan / Syamsul Hidayat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayat Syamsul 2017. Pengaruh Strategi Belajar Mandiri Berbasis Web Vs Teks dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. H. Sulton M.Pd. (III) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Strategi Belajar mandiri motivasi berprestasi dan prestasi belajar. Pembelajaran kewirausahaan berbasis Web merupakan sebuah tuntutan dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan secara khusus melalui eksplorasi dari berbagai sumber belajar di Web yang memungkinkan antara siswa dan siswa maupun dengan guru bisa berkolaborasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Selain itu juga diharapkan memberikan dampak bagi siswa untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mencapai keberhasilan yang tertinggi. Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh strategi belajar mandiri berbasis Web vs belajar mandiri berbasis Teks terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan. Strategi pembelajaran yang dikaji adalah strategi belajar mandiri berbasis web dengan strategi belajar mandiri berbasis teks dan motivasi berprestasi yang dikaji adalah motivasi berprestasi yang tinggi terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan prestasi belajar yang rendah terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi nonequivalent control group designs. Analysis data menggunakan analisis of variance (Anava) dengan desain faktorial 2X2. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Jember yang berjumlah 91 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan kelompok siswa yang menggunakan strategi belajar mandiri berbasis Web dan kelompok siswa belajar mandiri yang berbasis teks (2) ada perbedaan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) ada interaksi yang signifikan antara strategi belajar mandiri berbasis web vs teks dan motivasi berprestasi siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan pada SMK Negeri 3 Jember. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar mandiri berbasis web meningkatkan secara signifikan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan yang didukung dengan motivasi berprestasi yang tinggi sehingga memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar. ABSTRACT Hidayat Syamsul 2017. The Effeect of Learning Autonomy Strategy Based On Web Vs Text and Achievement Motivation on Learning Achievement in Entrepreneurship Subject . Dissertation Department of Instructional Technology Graduate School Universitas Negeri Malang. Supervisor (1) Prof. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. H. Sulton M.Pd. (III) Dr. Sihkabuden M.Pd. Keywords Self-learning strategy achievement motivation and learning achievement Web-based entrepreneurship learning is a demand in developing competencies and skills in particular through the exploration of various learning resources on the Web that enable students with students as well as with teachers to collaborate to improve student learning achievement. It is also expected to provide fresh air for students to increase student motivation in achieving the highest success. The purpose of this study is to examine the effect of self-learning strategies based on web versus text-based self-learning on student achievement in entrepreneurship subjects. Learning strategy studied is web-based self-learning strategy with text-based self-learning strategy and achievement motivation studied is high achievement motivation on learning achievement of entrepreneurship subjects with low learning achievement on learning achievement of entrepreneurship subjects. This study used a quasi experimental design nonequivalent control group designs. Analysis data using analysis of variance (Anava) with 2X2 factorial design. The subjects of the study were the students of class XI in SMK Negeri 3 Jember which amounted to 91 students by using random sampling technique. The results showed that (1) there was a significant difference in learning achievement between groups of students using self-learning strategies based on the web with independent text-based learning groups (2) there was a significant difference in learning achievement of entrepreneurship subjects among motivated students High achievers with low achievement motivation (3) there is a significant interaction between self-learning strategy based on web vs. text and achievement motivation of student toward learning achievement of entrepreneurship subject at SMK Negeri 3 Jember. Based on the findings in the study it was concluded that the implementation of self-learning strategy based on the web significantly improving student achievement in entrepreneurship subjects supported by high achievement motivation thus giving a positive influence on learning achievement.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63735

Actions (login required)

View Item View Item