Pengaruh strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar ditinjau dari pengetahuan awal / La Ili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar ditinjau dari pengetahuan awal / La Ili

La Ili (2017) Pengaruh strategi pembelajaran terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah dasar ditinjau dari pengetahuan awal / La Ili. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK La Ili. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Pengetahuan Awal. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. (III) Prof. Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci strategi pembelajaran problem based-learning pembelajaran ekspositori pemahaman konsep kemampuan pemecahan masalah pengetahuan awal Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan pengaruh antara strategi problem based-leraning dan pembelajaran ekspositori dalam pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika perbedaan hasil belajar pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diperoleh kelompok pebelajar dalam tingkat pengetahuan awal (tinggi rendah) dan pengaruh interaksi antara strategi (problem based-leraning atau pembelajaran ekspositori) dan pengetahuan awal (rendah atau tinggi) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 9 Poasia dan siswa kelas V SDN 10 Poasia. Sampel penelitian ini dipilih dari populasi siswa SD di kota Kendari menggunakan metode cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 91 pebelajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) faktorial 2x2 dan semua uji statistik dilakukan menggunakan SPSS IBM V.22.0 for Windows Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara pebelajar yang diajar menggunakan strategi problem based-leraning dan strategi pembelajaran ekspositori (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara pebelajar yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan pebelajar pengetahuan awal rendah (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep (4) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara pebelajar yang diajar menggunakan strategi problem based-leraning dan strategi pembelajaran ekspositori (5) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara pebelajar yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan pebelajar yang memiliki pengetahuan awal rendah dan (6) Tidak ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi problem based-leraning memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran ekspositori terhadap pencapaian hasil belajar pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika. ABSTRACT La Ili. 2017. The Effect of Instructional Strategy on Mathematic Concept Understanding and Problem Solving Ability of the Elementary Students Viewed from Prior Knowledge. Dissertation Instructional Technology Graduate Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. (III) Prof. Dr. Waras Kamdi M.Pd. Keywords instructional strategy problem based-learning expository learning concept comprehension problem solving skills prior knowledge. This study aims to examine the difference of influence between problem based-learning strategy and expository learning in understanding the concept and ability of problem solving of mathematics Differences in learning outcomes understanding of concepts and problem solving skills of mathematics acquired groups of learners in the level of prior knowledge (high low) And the influence of interaction between the strategy (problem-based leraning or the expository learning) and the prior knowledge (low or high) on the understanding of concepts and problem solving abilities of mathematics. This study used a quasi-experimental nonequivalent control group design. The sample of this research is students of class V SDN 9 Poasia and students of grade V SDN 10 Poasia. The sample of this study was selected from the population of elementary students in Kendari city using cluster random sampling method. The number of research samples involved in this study were 91 learners. Research data were analyzed by using 2x2 Factorial Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) technique and all statistical tests were performed using SPSS IBM V.22.0 for Windows The result of the research shows (1) there is difference of concept comprehension ability between learners taught using problem based-learning strategy and expository learning strategy (2) There is a difference in the ability of understanding the concept between learners who have a high prior knowledge and low prior knowledge (3) There is no interaction between the use of learning strategies and preliminary knowledge on conceptual understanding skills (4) There is a difference of problem solving ability of mathematics between learners who are taught using problem-learning strategy and expository learning strategy (5) There is a difference in the ability to solve mathematical problems between learners who have a high prior knowledge and learners who have low prior knowledge And (6) There is no interaction between the use of learning strategies and prior knowledge of mathematical problem-solving abilities. The results of this study indicate that the problem based-learning strategy gives a better effect compared with the expository learning strategy toward the achievement of the learning achievement of concept comprehension and the problem solving ability of mathematics.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63733

Actions (login required)

View Item View Item