Pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep kimia / Herlina Labobar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep kimia / Herlina Labobar

Labobar, Herlina (2017) Pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep kimia / Herlina Labobar. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Labobar Herlina 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng (3) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed P.hD Kata Kunci Strategi Pembelajaran Asam basa Konflik Kognitif Konflik Sosial Kognitif Pengetahuan Awal Pemahaman Konsep Kimia Pembelajaran kimia pada dasarnya bersifat konseptual dan banyak menggabungkan konsep-konsep abstrak. Topik kimia umumnya terkait terkait struktur materi dengan kajian yang sangat kompleks dan bersifat berjenjang dari konsep yang sederhana ke konsep yang lebih tinggi tingkatannya. Topik asam basa sangat penting untuk dikuasai pebelajar jika ingin memahami konsep lainnya seperti reaksi oksidasi-reduksi dan keimbangan asam basa serta kimia organik. Hal ini tentunya membutuhkan pemahaman mendalam membutuhkan kemampuan untuk membuat hubungan antara jaring konsep untuk membangun konsep-konsep baru yang hampir selalu berhubungan dengan apa yang telah dipelajari atau diketahui pebelajar. Pemahaman suatu konsep yang tidak benar memungkinkan terbentuknya konsep-konsep lain yang berkaitan menjadi tidak benar pula. Banyak kesalahpahaman yang dimiliki pebelajar tentang topik asam basa. Kesalahpahaman merupakan ide keliru yang dimiliki pebelajar namun tidak sesuai dengan ide ilmiah atau konsep para ahli. Kesalahpahaman ini berasal dari kebingungan dan kurangnya pengetahuan terhadap suatu konsep. Hal ini tentu berpotensi menjadi kendala dalam proses belajar dan menghalangi terjadinya pemahaman konsep. Dengan demikian perlu dilakukan identifikasi kesalahpahaman pebelajar dan upaya mengurangi kesalahpahaman serta mendorong terjadinya pemahaman konsep yang benar tentang topik kimia asam basa. Beberapa strategi pembelajaran berbasis perubahan konseptual dapat digunakan untuk mengurangi kesalahpahaman dan mempromosikan terjadinya pemahaman konsep. Diantaranya adalah strategi konflik kognitif dan konflik sosial kognitif yang diterapkan melalui demonstrasi penyajian contoh tandingan dan pekerjaan laboratorium serta interaksi teman sebaya. Semua ini digunakan untuk menimbulkan kontradiksi dengan pemahaman yang dimiliki pebelajar sehingga pebelajar terdorong untuk merekonstruksi pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran pengaruh pengetahuan awal dan pengaruh interaksi strategi pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen The factorial (2x2) version of Nonequivalent Control Group Design dengan subjek penelitian 51 pebelajar kelas XI jurusan MIA sebagai kelompok eksperimen. Analisis ANCOVA digunakan untuk menguji data statistik dan pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5 %. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia antara kelompok yang diajarkan melalui strategi konflik kognitif dan kelompok pebelajar yang diajarkan melalui strategi konflik sosial kognitif (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep kimia antara pebelajar yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan pebelajar yang memiliki pengetahuan awal rendah. (3) Tidak ada pengaruh interaksi strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap pemahaman konsep kimia. Berdasarkan hasil penelitian ini ada beberapa saran yang disampaikan yaitu (1) Strategi konflik kognitif dan Strategi konflik sosial kognitif dapat digunakan untuk mempromosikan pemahaman konsep kimia pebelajar. Strategi ini dapat diterapkan pada konsep kimia dan sains lainnya serta pada tingkatan kelas yang berbeda. (2) Untuk menganalisis pengetahuan awal pebelajar yang diduga mengandung kesalahpahaman maka dapat menggunakan instrumen two tier yang dikembangkan dalam penelitian ini dengan mengadakan berbagai penyesuaian sesuai kebutuhan. (3) Strategi pembelajaran berbasis perubahan konseptual untuk mempromosikan pemahaman konsep sangatlah beragam sehingga dapat dikembangkan penerapannya dalam proses pembelajaran kimia. (4) Untuk penelitian lanjutan dapat menggunakan karakteristik pebelajar selain pengetahuan awal misalnya faktor motivasi dan juga menggunakan ukuran sampel yang lebih besar. (5) Temuan penelitian ini menginformasikan perlunya dilakukan pengamatan mendalam tentang proses argumentasi dialogis dalam penerapan strategi konflik sosial kognitif yang mendorong terjadinya pemahaman konsep pebelajar. ABSTRACT Labobar Herlina 2017. The Influence of Learning Strategies and Prior Knowledge on Understanding Chemical Concepts. Disertation. Learning Technology Study Program Graduate School. State University of Malang. Supervisor (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng (3) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed P.hD Key Words Learning Strategies Acid-base Cognitive Conflict Social Cognitive Conflict Prior Knowledge Chemistry Concept Understanding Learning chemistry is essentially conceptual and generally incorporates abstract concepts. Chemistry topics mostly related to the structure of the material with the study of highly complex and tiered ranging from a simple concept to a higher level concept. The topic of acid-base is very important to be understood by the learners if they want to understand other concepts such as oxidation-reduction reaction the acid-base balance and organic chemistry. This of course requires a profound understanding and requires the ability to make connections between concepts nets to build new concepts that are almost always associated with what has been learned or known by the learners. Many misconceptions held by learners on the topic of acid-base. Misunderstanding is a mistaken idea that is owned by the learner but not in accordance with scientific ideas or concepts from experts. This misconception comes from the confusion and lack of knowledge of the concept. It certainly has the potential to become an obstacle in the learning process and hinder the understanding of the concept. It is thus necessary to identify misconceptions of learners efforts to reduce misunderstandings and to encourage understanding of the correct concepts of acid-base chemistry topics. Some of the strategies of conceptual change based learning can be used to reduce misunderstandings and promote the understanding of the concept. Among them there are the cognitive conflict strategy and applied cognitive social conflicts through demonstrations presenting a counter example laboratory work and peer interaction. All of this is used to end up in contradiction with the understanding that owned by learners so that learners are encouraged to reconstruct their understanding. This study aimed to assess the effect of learning strategies the effect of prior knowledge and the effect of the interaction of learning strategies with prior knowledge to the understanding of chemical concepts. This study used a quasi-experimental research design the factorial (2x2) version of Nonequivalent Control Group Design with research subjects are 51 learners in grade XI mathematics and natural science as an experimental group. ANCOVA analysis was used to test the statistical data and hypothesis testing performed at a significance level of 5%. The results obtained include (1) There are differences between the understanding of chemical concepts taught learners through the cognitive conflict strategy and the group of learners who are taught through social cognitive conflict strategy (2) There is a different understanding of the concept of chemistry between learners who have high prior knowledge is high with learners who have low prior knowledge (3) There are no interactions effect of learning strategies and prior knowledge to the understanding of chemical concepts. Based on these results there are some suggestions (1) Strategy cognitive conflict and social conflict cognitive strategies can be used to promote an understanding of chemical concepts learners. This strategy can be applied to the concept of chemistry and other sciences as well as at different grade levels (2) The two-tier instrument developed in this study can be used to analyze the initial knowledge of learners that allegedly contains misunderstandings by organizing various adjustments as needed (3) The conceptual change based learning strategies to promote understanding of the concept is so diverse so the application can be developed in the learning process chemistry (4) For further research the use of other characteristics of learners in addition to the initial knowledge is suggested for example the motivation factor and also the use of a larger sample size (5) The findings of this study provide information about the need for close observation to the process of dialogical argumentation in the application of social conflict cognitive strategy that encourages understanding of concepts by the learners.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63731

Actions (login required)

View Item View Item