Pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing dan gaya belajar terhadap pemahaman dan penerapan konsep pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar / Marzoan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing dan gaya belajar terhadap pemahaman dan penerapan konsep pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar / Marzoan

Marzoan (2017) Pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing dan gaya belajar terhadap pemahaman dan penerapan konsep pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar / Marzoan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marzoan 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Gaya Belajar terhadap Pemahaman dan Penerapan Konsep pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Saida Ulfa Ph.D. (III) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Strategi pembelajaran penemuan terbimbing gaya belajar pemahaman dan penerapan konsep Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran penemuan terbimbing dan gaya belajar terhadap pemahaman dan penerapan konsep pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan quasi eksperiment pretest-postest non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah dasar di Kabupaten Lombok Utara dengan melibatkan 66 subyek penelitian. Instrumen penelitian ini berupa tes pemahaman dan penerapan konsep dan angket gaya belajar. Tes pemahaman dan penerapan konsep yang digunakan bersumber dari materi pelajaran yang diberikan pada saat penelitian sementara angket gaya belajar yang digunakan mengadaptasi gaya belajar dari Index of Learning Style (ILS) Felder-Silverman. Teknik analisis data terbagi atas dua kelompok yaitu analisis data untuk uji persyaratan analisis dan analisa data untuk menguji hipotesis penelitian. Untuk uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas data dan uji homogenitas varian. Uji normalitas data menggunakan teknik Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas varian menggunakan levene s test sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan statistik parametrik dengan teknik analisis MANOVA dua jalur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemahaman konsep antara kelompok peserta didik yang melaksanakan strategi pembelajaran penemuan terbimbing dengan peserta didik yang melaksanakan strategi pembelajaran latihan (2) terdapat perbedaan signifikan kemampuan penerapan konsep antara kelompok peserta didik yang melaksanakan strategi pembelajaran penemuan terbimbing dengan peserta didik yang melaksanakan strategi pembelajaran latihan (3) kemampuan pemahaman konsep antara kelompok peserta didik yang memiliki dimensi gaya belajar aktif berbeda signifikan dengan kelompok peserta didik yang memiliki gaya beelajar reflektif (4) kemampuan penerapan konsep antara kelompok peserta didik yang memiliki dimensi gaya belajar aktif berbeda signifikan dengan kelompok siswa yang memiliki gaya belajar reflektif (5) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran penemuan terbimbing dan strategi pembelajaran latihan dengan gaya belajar aktif dan reflektif terhadap pemahaman konsep sains peserta didik (6) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran penemuan terbimbingdan strategi pembelajaran latihan dengan gaya belajar aktif dan reflektif terhadap penerapan konsep sains peserta didik. ABSTRACT Marzoan 2017. The Effect of Discovery Learning Strategy and Learning Style on Concept Comprehension and Application of Science in Primary School. Dissertation Instructional Technology Study Program Post-Graduate Program of Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Saida Ulfa M.Ed. Ph.D. (III) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Key words Discovery learning strategy learning style concept comprehension and application The present study aims at examining the effect of discovery learning strategy and learning style on concept comprehension and application of science in primary school. It employed quasi exsperiment pretest-postest non-equivalent control group design. The present study was conducted in two primary school in North Lombok Regency involving 66 research subjects. The instrument of the study is was in the form of concept comprehension and application test and learning style questionnaire. The comprehension and application test sourced from learning material given during the research while the questionnaire adapted learning style of Index of Learning Style (ILS) Felder-Silverman. The data analysis techniques were grouped into two data analysis for analysis requirement test and data analysis for hypothesis testing. The requirement test analysis employed normality test and homogenous test variant. The normality test employed Kolmogorov-Smirnov technique and homogenous test variant employed levene sTest. Mean while the data analysis for hypothesis testing employed parametric statistic by two-way MANOVA analysis technique. The result of the study concluded (1) there is significant difference of concept comprehension between the experimental group and control group (2) there is significant difference of concept application between the experimental group and control group (3) the ability of concept comprehension is significantly different between the group with active learning style and group with reflective learning style (4) the ability of concept application is significantly different between the group with active learning style and group with reflective learning style (5) There is no interaction between discovery learning strategy and practical learning strategy with active learning style and reflective learning style to concept comprehension of the students (6) There is no interaction between discovery learning strategy and practical learning strategy with active learning style and reflective learning style to concept application of the students.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63730

Actions (login required)

View Item View Item