Pengaruh metode jigsaw versus Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar membaca pemahaman wacana siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Kupang / Labu Juli - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode jigsaw versus Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar membaca pemahaman wacana siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Kupang / Labu Juli

Juli, Labu (2017) Pengaruh metode jigsaw versus Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan gaya kognitif terhadap hasil belajar membaca pemahaman wacana siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Kupang / Labu Juli. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Juli Labu. 2016. Pengaruh Metode Jigsaw Versus Metode Student Teams- Achievement Divisions (STAD) dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 10 Kota Kupang. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Prof. Dra. Utami Widiati M.A Ph.D dan (III) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. Kata Kunci Metode jigsaw student teams achiement divisions dan gaya kognitif Penelitian ini bertujuan (1) menguji perbedaan hasil belajar membaca pemahaman wacana antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui metode Jigsaw dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui metode STAD (2) menguji perbedaan hasil belajar membaca pemahaman wacana antara kelompok siswa yang bergaya kognitif field dependent dengan kelompok siswa yang bergaya kognitif field independent dan (3) menguji ada interaksi antara metode Jigsaw dan metode STAD terhadap gaya kognitif. Hipotesis penelitian ada tiga yaitu (1) tidak ada perbedaan hasil belajar membaca pemahaman wacana antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui metode Jigsaw dengan metode STAD (2) tidak ada perbedaan hasil belajar membaca pemahaman antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dengan kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan (3) tidak ada interaksi antara metode Jigsaw dan metode STAD dengan gaya kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan menggunakan desain 2 x 2. Jumlah sampel pada kelas eksperimen 73 siswa dan jumlah sampel pada kelas kontrol 22 siswa. Siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diawali mengikuti tes gaya kognitif. Tes ini bermanfaat untuk mendapat data siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh metode Jigsaw versus STAD terhadap hasil belajar membaca pemahaman wacana. (2) Hasil belajar membaca pemahaman wacana kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent lebih rendah dari pada hasil belajar membaca pemahaman wacana kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan (3) Tidak ada interaksi antara metode Jigsaw versus metode STAD dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar membaca pemahaman wacana. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) metode jigsaw dan STAD dengan memanfaatkan gaya kognitif siswa dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan berbahasa pada siswa SMP (2) Guna menjaga konsistenan hasil belajar siswa guru perlu menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah pembelajaran dari kedua metode (3) Guru memberi keyakinan pada siswa bahwa siswa mendapatkan hasil belajar yang baik jika secara bersama dalam kelompok saling mendukung (4) Penelitian lanjutan disarankan untuk membandingkan pengaruh metode Jigsaw versus STAD yang melibatkan gaya kognitif dan motifasi berprestasi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63724

Actions (login required)

View Item View Item