Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis kreatif / Fransiskus Sanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis kreatif / Fransiskus Sanda

Sanda, Fransiskus (2017) Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran menulis kreatif / Fransiskus Sanda. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF Fransiskus sanda Punaji Setyosari Utami Widiati Dedi Kuswandi UniversitasNegeri Malang E-mail sandafransiskus gmail.com ABSTRAK Penelitian dengan judul Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Kreatif dilatari oleh suatu kenyataan bahwa menulis kreatif merupakan suatu kompetensi berbahasa Indonesia yang sulit untuk dicapai siswa khususnya siswa di satuan tingkat SMP. Kesulitan ini disebabkan oleh rendahnya motivasi siswa untuk menulis dan sulitnya menata pikiran lisan ke dalam wacana Bahasa Indonesia tulis dengan pilihan kata yang kreatif struktur kalimat yang efektif dan gaya bahasa yang menarik untuk dibaca. Untuk mencapai kompetensi semacam itu guru hendaknya memilih pendekatan dan strategi pembelajaran yang dapat meminimaslisasi kesulitan-kesulitan itu. Berdasarkan latar belakang dimaksud maka kondisi pembelajaran strategi pembelajaran hasil pembelajaran menulis kreatif dengan pendekatan kontekstual diangkat sebagai fokus dalam penelitian ini. Berkiblat pada fokus tersebut maka tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi dan mendeskripsikan secara mendalam pengalaman guru Bahasa Indonesia membelajarkan pokok bahasan menulis kreatif kepada siswa kelas VIII SMPN 4 Taebenu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa pengalaman membimbing dan mendampingi para siswa menulis kreatif dengan pendekatan kontekstual lebih dapat memecahkan kesulitan yang dialami para siswa dari pada pengalaman para membimbing dan mendampingi siswa menulis kreatif dengan pendekatan yang masih bersifat konvensional. Suatu keunikan dari pendekatan kontekstual dalam menulis kreatif adalah ketika para siswa dibimbing dan didampingi guru melalui kerja sama antarkelompok dalam suasana constructivism inquiry questioning learning community modelling refflection dan authentic assessment. Melalui suasana-suasana seperti itu imajinasi dan kreativitas para siswa dapat diwujudnyatakan dalam menulis karya-karya kreatif seperti puisi-puisi kontemporer esei dan naskah drama sederhana. Berdasarkan temuan tersebut maka pendekatan kontekstual dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif. Walaupun demikian ada sejumlah suasana pembelajaran yang masih perlu didampingi guru secara lebih baik yakni suasana questioning refflection dan authentic assessment. Kata Kunci Pembelajaran kontekstual menulis kreatif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63722

Actions (login required)

View Item View Item