Yuniastuti (2017) Pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran PPKn / Yuniastuti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yuniastuti. 2016. Pengintegrasian Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran PPKn. Disertasi Jurusan Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed (II) Prof.Dr.H. Sukowiyono S.H M.H (III) Dr. H. Sulton M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran PPKn Integrasi nilai karakter Pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih cenderung berfokus pada pengembangan kognitif peserta didik. Pada akhirnya hal tersebut berdampak pada hasil lulusan yang mahir dalam berteori. Pendidikan yang dapat menghasilkan manusia dengan budi pekerti yang baik masih kurang. Hal tersebut tentunya menjadikan pentingnya akan pendidikan karakter karena melalui pendidikan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai dan budi pekerti pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana pola pengintegrasian nilai karakter pada rancangan pelaksanaan pembelajaran (2) Bagaimana pola pengintegrasian nilai karakter pada kegiatan belajar mengajar Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SMPN 4 Kota Malang MTsN 1 Malang dan SMP Kristen Petra. Siswa yang dijadikan informan adalah siswa kelas VII dan VIII. Selain itu peneliti juga menganalisis dokumen berupa RPP silabus media pembelajaran instrumen penilaian. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara langsung terjun ke lapang. Setelah di lapangan peneliti melakukan wawancara dengan siswa guru melakukan dokumentasi dan pengamatan terhadap lingkungan penelitian. Peralatan dokumentasi yang dipakai berupa kamera untuk pengambilan foto dan Handphone untuk merekam asi wawancara. Teknik analisis yang dipakai adalah dari Starus Corbin dengan tahapan Open Coding Axial Coding dan Selective Coding. Hasil dalam penelitian ini adalah 1) Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat integrasi nilai karakter dalam tujuan pembelajaran pendekatan model dan metode pembelajaran rancangan penilaian media pembelajaran dan materi pembelajaran yang dipakai oleh guru (2) Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas juga terdapat integrasi nilai karakter dalam kegiatan penyampaian materi proses praktek model dan metode pembelajaran yang digunakan. Setelah melakukan penelitian akhirnya peneliti menemukan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu peneliti memberikan beberapa saran yang ditunjukkan kepada guru instansi pendidikan dan peneliti selanjutnya. Bagi guru sebaiknya memperhatikan mengoptimalkan pengintegrasian nilai karakter pada rancangan pelaksanaan pembelajaran kegiatan belajar mengajar. Bagi instansi pendidikan sebaiknya memberlakukan kebijakan bagi semua komponen sekolah untuk memberikan contoh perilaku baik. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggali lagi aspekaspek penelitian ini dengan menggunakan metode ataupun sudut pandang yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63720 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |