Pengaruh model pembelajaran creative problem solving vs problem based learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa / Leonard Lobo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran creative problem solving vs problem based learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa / Leonard Lobo

Lobo, Leonard (2017) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving vs problem based learning dan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa / Leonard Lobo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING Vs BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Oleh. Lobo Leonard e-mail loboleonard gmail.com ABSTRAK Pembelajaran merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya dan meningkatkan harkat dan martabat manusia sehingga manusia mampu untuk menghadapi setiap perubahan yang terjadi menuju arah yang lebih baik. Proses pembelajaran yang harusnya berpusat pada peserta didik saat ini tidak berjalan dengan baik yang terjadi ialah proses pembelajaran berpusat pada dosen mengakibatkan mahasiswa menjadi bosan dan berakibat pada rendahnya hasil belajar maka perlu terapkan pembelajaran yang lebih difokuskan pada keaktifan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh hasil belajar yang signifikan antara mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran (Creative Problem Solving dan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan kelompok kontrol yang versi faktorial 2x2 pretest-post test nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah jurusan PPKn FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang. Sampel penelitian diambil dari mahasiswa semester III tahun akademik 2015/2016 sejumlah 25 orang setiap kelas. Jumlah mahasiswa yang aktif mengikuti penelitian sampai akhir adalah 50 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa dimana mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran creative problem solving memiliki hasil belajar yang lebih tinggi. Kata Kunci Creative Problem Solving Problem Based Learning Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63717

Actions (login required)

View Item View Item