Pendidikan karakter orang dewasa di Pondok Pesantren Salafiyah Biba'a Fadlrah Turen Malang / Kisyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter orang dewasa di Pondok Pesantren Salafiyah Biba'a Fadlrah Turen Malang / Kisyanto

Kisyanto (2017) Pendidikan karakter orang dewasa di Pondok Pesantren Salafiyah Biba'a Fadlrah Turen Malang / Kisyanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kisyanto 2016. Pendidikan Karakter Orang Dewasa di Pondok Pesantren Salafiyah Biba a Fdlrah Malang. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Dr. H. Sulton M.Pd (III) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci Pendidikan Karakter Kecerdasan Komprehensip Pondok Pesantren Salafiyah Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dari banyak kajian yang sudah dilakukan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan non formal telah terbukti efektif dalam menerapkan pendidikan ahlak atau karakter pendidikan nilai baik nilai yang bersumber dari agama maupun dari nilai luhur budaya bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan menyingkap hal-hal yang bersifat subtantif dan selanjutnya menganalisis dan membuat paradigma keilmuan yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan karakter orang dewasa di Ponpes Salafiyah Biba a Fadlrah Turen Malang. Penelitian ini fokus pada aktivitas santri pengurus dan tokoh-tokoh yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan karakter orang dewasa yang dilaksanakan selama 14 bulan mulai dari maret 2015 sampai dengan Mei 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif studi kasus. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan bantuan softwere NVivo 11. Temuan penelitian ini adalah 1) Karakter inti yang ditumbuhkembangkan adalah iman dan cinta kepada Tuhan YME yang terwujud dalam sikap dan perilaku bertaqwa pada Tuhan YME cinta dan kasih sayang terhadap sesama mahluk ciptaan-Nya dan sadar sifat kehambaan diri dengan berbagai atribut karakter mulia yang melekat padanya. 2) Strategi internalisasi pembiasaan penguatan dan pengembangan atribut karakter mulia dilakukan melalui berbagai macam aktivitas santri dalam format Belajar Hidup Beragama pensucian hati ngalab berkah pengembangan kecerdasan komprehensip dawuh-dawuh pengasuh sarana media dan strategi pembelajaran lingkungan belajar keteladanan pengasuh dan penegakan aturan. 3) Strategi pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan komprehensip dengan memberikan kebebasan belajar santri dan menggunakan strategi pembelajaran inovatif. 4) Peran pengasuh (kyai) menjadi sentral keseluruhan warga ponpes pengasuh sebagai penanggung jawab utama leadher dan manager pelaksana program penyelia konselor orang tua pendidik atau guru pemberdaya murobby ruh suri tauladan serta sumber belajar bagi santri. 5) faktor-faktor yang mendukung keberhasilan meliputi peran dan pengaruh pengasuh visi misi dan tujuan ponpes aktivitas kelembagaan dasar dan prinsip pendidikan dan pembelajaran falsafah dan jiwa pesantren strategi media dan materi pembelajaran lingkungan belajar sarana dan prasana penunjang serta potensi pesantren penegakan aturan dukungan santri masyarakat dan pemerintah. 6) Manfaat yang diperoleh santri masyarakat dan pemerintah meliputi perubahan nasib santri bertambahnya berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan kecakapan hidup terselesaikannya segala permasalahannya adanya bangunan fenomenal untuk pendidikan dan pembelajaran karakter serta berbagai macam disiplin ilmu serta tumbuh dan berkembangnya ekonomi di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63716

Actions (login required)

View Item View Item