Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing vs inkuiri bebas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar / Markus Umbu Kalola Yewang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing vs inkuiri bebas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar / Markus Umbu Kalola Yewang

Yewang, Markus Umbu Kalola (2017) Pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing vs inkuiri bebas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar / Markus Umbu Kalola Yewang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yewang Markus 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing VS Inkuiri Bebas dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar. Disertasi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Dr. Sulton M.Pd Kata Kunci metode pembelajaran inkuiri terbimbing metode pembelajaran inkuiri bebas motivasi belajar hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan metode yang bervariasi dalam pembelajaran dasar-dasar akuntansi yang berakibat pada rendahnya hasil belajar mahasiswa. Metode pembelajaran yang diharapkan untuk digunakan dalam pembelajaran dasar-dasar akuntansi bukan hanya metode pembelajaran langsung/ekspositori yang lebih berorientasi kepada dosen tetapi juga metode pembelajaran tidak langsung yang berorientasi pada mahasiswa. Dengan metode pembelajaran tidak langsung diharapkan mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dalam memaknai konsep-konsep dasar-dasar akuntansi dan kemampuan mengobservasi lingkungan yang terkait dengan permasalahan pembelajaran yang ingin dipecahkannya. Masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini antara lain (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Ekonomi antara kelompok yang mendapat metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok yang mendapat metode pembelajaran inkuiri bebas (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Ekonomi antara kelompok yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok yang memiliki motivasi belajar rendah (3) Apakah ada interaksi antara metode pembelajaran (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa semester 1 Jurusan Pendidikan Ekonomi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Ekonomi antara kelompok yang mendapat metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelompok yang mendapat metode pembelajaran inkuiri bebas. (2) perbedaan hasil belajar dasar-dasar akuntansi mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Ekonomi antara kelompok yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dasar-dasar akuntansi mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana Tahun Akademik 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester I Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Undana sebanyak 70 mahasiswa dimana 40 mahasiswa di kelas A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan 30 mahasiswa di kelas B sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri bebas. Analisis data menggunakan teknik ANAVA dua jalur dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan metode Lilliefors significant corection dari Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas dengan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai F 14 503 nilai p 0 00 0 05. 2) ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang ditunjukkan dengan nilai F 27 975 nilai p 0 00 0 05. 3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar mahasiswa terhadap hasil belajar dasar-dasar akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai F 0 564 nilai p 0 651 0 05.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63715

Actions (login required)

View Item View Item