Pengembangan model pembelajaran tematik berbasis budaya lokal di kelas IV SD Negeri Sikumana I Kota Kupang / Silvester P. Taneo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran tematik berbasis budaya lokal di kelas IV SD Negeri Sikumana I Kota Kupang / Silvester P. Taneo

Taneo, Silvester P. (2017) Pengembangan model pembelajaran tematik berbasis budaya lokal di kelas IV SD Negeri Sikumana I Kota Kupang / Silvester P. Taneo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Lokal di Kelas IV SD Negeri Sikumana 1 Kota Kupang Silvester P. Taneo I Nyoman Sudana Degeng Punaji Setyosari Dedi Kuswandi Program studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang Email silvesterptaneo945 gmail.com Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum dihasilkannya Model Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Lokal di Kota Kupang untuk diterapkan di Kelas IV SD Negeri Sikumana I Kota Kupang. Sedang tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Lokal (Model TB2L) yang telah teruji validitas dan keefektifannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (developmental research). Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah sebuah model pembelajaran tematik berbasis budaya lokal (Model TB2L) yang berkualitas (valid praktis dan efektif). Berdasarkan pertimbangan efisiensi terutama dalam hal waktu yang tersedia sehingga pengembangan dari ketiga hal tersebut dilaksanakan secara simultan. Dengan perkataan lain pada saat mengembangkan model dikembangkan pula perangkat pembelajaran yang sesuai dengan model beserta pengembangan instrumen yang berkenaan dengan model dan perangkat pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan ini mengikuti model pengembangan ADDIE. Adapun fase-fase dalam pengembangan model pembelajaran ini adalah Analysis Design Development or Production Implementation or Delivery and Evaluations. Model Pembelajaran yang dikembangkan ini setelah dianalisis hasilnya valid praktis dan efektif. Sintaks Model TB2L yang dikembangkan penulis terdiri atas 3 level yaitu level 1 Pendahuluan Level 2 Kegiatan Inti Level 3 Kegiatan Penutup. Model TB2L yang dikembangkan ini telah memenuhi syarat komponen model pembelajaran yaitu sintaks sistem sosial prinsip reaksi dan dampak pengiring. Dengan demikian model ini dapat digunakan para guru SD di Kota Kupang dalam membelajarkan siswa agar prestasinya dapat ditingkatkan. Kata Kunci Model pembelajaran tematik budaya lokal

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63713

Actions (login required)

View Item View Item