Sukamto (2017) Pengaruh strategi pembelajaran problem posing dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA di SD Negeri Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang / Sukamto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sukamto. Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Posing Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA SD Di Kabupaten Lumajang. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Dr. H. Sulton M.Pd. (3) Dr. Sihkabudin M.Pd. Kata-Kata Kunci pembelajaran problem posing motivasi berprestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran di SD yang dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetahuan gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar yang diperoleh dari pengalaman melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan penyusunan dan penyajian gagasan-gagasan. Untuk itu kemampuan memahami dan memecahkan masalah IPA adalah salah satu hasil belajar dari pembelajaran IPA dari segi kognitif yang hendak dicapai. Namun salah satu kendala utama adalah lemahnya proses pembelajaran yang berdampak pada rendahnya perolehan hasil belajar IPA. Salah satu upaya untuk mengatasi kelemahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran problem posing di ikuti dengan mengakomodasi motivasi berprestasi yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dan interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA SD di kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi a factorilize 2x2 non-equivalent controll group design. Rancangan dipilih karena subjek dalam penelitian dalam kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Subjek penelitian melibatkan siswa V yang ada di SDN 01 dan SDN 02 Pasirian kab. Lumajang yang terdiri dari 63 siswa yang terbagi dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data yang ada di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik ANOVA satu jalur dengan bantuan program SPSS 20.0 for windows dan taraf signifikansi yang digunakan adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada perbedaan hasil belajar IPA SD antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi problem posing dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. 2) Ada perbedaan hasil belajar IPA SD antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. 3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran problem posing dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA SD kecamatan Pasirian kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran (1) strategi pembelajaran problem posing memiliki keunggulan dalam perolehan hasil belajar dibandingkan dengan pembelajaran konvensional oleh karena itu strategi pembelajaran problem posing patut dipertimbangkan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang unggul. (2) Motivasi berprestasi memberikan dorongan kuat terhadap perolehan hasil belajar oleh karena itu motivasi berprestasi yang dimiliki siswa perlu diperhatikan dalam menentukan pemilihan strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |