Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbasis ekologi language exposure dan motivasi belajar terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris / Laurensius Kian Bera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbasis ekologi language exposure dan motivasi belajar terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris / Laurensius Kian Bera

Bera, Laurensius Kian (2017) Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbasis ekologi language exposure dan motivasi belajar terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris / Laurensius Kian Bera. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kian Bera Laurensius. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Ekologi Language Exposure dan Motivasi Belajar terhadap Penguasaan Kosa Kata Inggris. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed. (III) Prof. Dra. Utami Widiati MA Ph.D Kata Kunci strategi pembelajaran kontekstual ekologi language exposure motivasi belajar kosa kata Kemampuan bahasa Inggris siswa di sekolah-sekolah pada umumnya masih tergolong rendah. Penyebabnya beragam namun salah satu penyebab utamanya terletak pada strategi pembelajaran yang diterapkan guru di kelas Kebanyakan guru masih menggunakan strategi konvensional seperti pembelajaran langsung yang lebih berpusat pada guru dimana siswa cenderung pasif dan kurang memiliki motivasi untuk belajar. Medan paparan bahasa yang merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran bahasa asing sangat terbatas. Guru lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia dalam mengajar kelas ditata tanpa ada paparan bahasa Inggris yang cukup. Semua ini mengurangi tingkat pemerolehan bahasa yang sedang dipelajari termasuk dalam penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Motivasi belajar juga memainkan peran yang sangat penting. Siswa dengan motivasi tinggi cenderung lebih berhasil. Oleh karena itu perlu dicari strategi-strategi pembelajaran yang mampu menyediakan lebih banyak medan paparan bahasa dan motivasi belajar kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan nilai rata-rata penguasaan kosa kata bahasa Inggris antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kontekstual berbasis ekologi language exposure dan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung (2) perbedaan nilai rata-rata penguasaan kosa kata bahasa Inggris antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan yang memiliki motivasi belajar rendah (3) pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan quasi-experiment dengan faktorial 2x2 non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kupang. Dua kelas dipilih secara acak dari 8 kelas satu kelas menjadi kelompok eksperimen dan kelas yang satunya menjadi kelompok kontrol. Data yang diambil dari kedua kelas/kelompok ini kemudian dianalisis secara deskriptif dan statistik (ANOVA menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk window). Hasil analisis menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil penguasaan kosa kata bahasa Inggris antara siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan kata lain hipotesis nol ditolak pada taraf signifikansi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63707

Actions (login required)

View Item View Item