Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah vs ekspositori dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan IPS / Hiwa Wonda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah vs ekspositori dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan IPS / Hiwa Wonda

Wonda, Hiwa (2017) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah vs ekspositori dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan IPS / Hiwa Wonda. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wonda Hiwa. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran BerbasisMasalahVs Ekspositori dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswaalam Mata PelajaranPendidikanIPS. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Ed (III) Dr. I. Wayan Dasna M.Si M.Ed. Kata Kunci strategi pembelajaran berbasismasalah strategiekspositori motivasi belajar prestasi belajar. Pada hakekatnya seluruh kehidupan manusia selalu terkait dengan upaya pemecahan masalah oleh karena itu manusia selalu belajar dan melakukan sesuatu untuk memecahkan masalah tersebut. Pernyataan tersebut sesuai dengan tuntutan kompotensi manusia masa kini yang tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga kemampuan untuk berpikir kritis kreatif kepekaan sosial dan sikap sosial serta keterampilan sosial siswa yang berguna bagi dirinya terutama dalam konteks pemecahan masalah. Tuntutan tersebut berdampak terhadap pengembangan tujuan pendidikan dan strategi pembelajaran dengan kata lain tujuan pendidikan dan strategi pembelajaran yang dikembangkan harus mampu memotivasi peserta didik untuk belajar dan memperoleh pengalaman belajar sehingga dapat memiliki kompotensi tersebut di atas. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenguji (1) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositoripadamatapelajaranIPS (2) Ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan yang memiliki motivasi belajar rendahdalampembelajaranmatapelajaranPendidikan IPS (3) Ada tidaknya interaksi antara penggunaan dua strategi pembelajaran (PBL dan ekspositori) dan tingkat motivasi belajar terhadap prestasi belajarsiswapadamatapelajaranPendidikan IPS. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitian factorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 64 terdiridari 2 kelaspada SD GMIT Airnona 2 (kelaseksperimen)SD GMIT Airnona 1(kelompokkontrol). Penelitian dilakukan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pengumpulan data dilakukan secara langsungpada waktu kegiatan penelitian dilaksanakan. Analisis data dilakukan melalui tahapan (1) deskripasi data (2) Uji asumsi dan (3) uji hipotesis penelitian yang dilakukan dengan teknik analisis statistik ANAVA dua jalur (2x2) Hasilpenelitianmenunjukkan 1) terdapatpengaruhpenggunaanstrategipembelajaranterhadaphasilbelajar sig .002 0.05 denganstrategipembelajaranberbasismasalahlebihefektifdibandingkandenganstrategieskpositoriberdasarkannilai mean strategi pembelajaran berbasis masalah yakni 70.80 dan strategi ekspositori 67.63. 2) terdapatpengaruhmotivasitinggidanrendahterhadaphasilbelajarsiswadimana sig .000 0.05. 3) tidakterdapatinteraksiantarastrategipembelajarandanmotivasibelajarterhadapprestasibelajar dimanahasilanalisismenunjukkan sig .096 0.05.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63705

Actions (login required)

View Item View Item