Pengaruh strategi inkuiri versus reseptif dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar sejarah Indonesia pada siswa SMA / Djakariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi inkuiri versus reseptif dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar sejarah Indonesia pada siswa SMA / Djakariah

Djakariah (2017) Pengaruh strategi inkuiri versus reseptif dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar sejarah Indonesia pada siswa SMA / Djakariah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Djakariah 2016. Pengaruh Strategi Inquiry Versus Reseptif dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia pada Siswa SMA. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed. (II) Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng M.Pd. (III) Dr.Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran pengetahuan awal hasil belajar Sejarah Indonesia Pembelajaran dengan strategi reseptif menjadikan guru sebagai subjek. Guru merencanakan menyiapkan materi menyajikan materi dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Peserta didik datang ke sekolah untuk menerima pelajaran dari guru. Dampaknya peserta didik kurang kreatif dan kurang inovatif serta menjadikan mereka bersifat verbalistik. Strategi pembelajaran inkuiri dapat membuat peserta didik membangun sendiri pemahaman melalui proses mentalnya sehingga materi pelajaran dapat dipahami dan dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan (1) menguji perbedaan hasil belajar sejarah Indonesia yang diperoleh peserta didik SMA melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri dan reseptif (2). menguji perbedaan hasil belajar sejarah Indonesia yang diperoleh peserta didik di SMA yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan peserta didik yang mempunyai pengetahuan awal rendah dan (3). menguji interaksi strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar sejarah Indonesia di SMA. Rancangan penelitian ini yaitu desain faktorial 2 x 2. Subjek penelitian terdiri atas peserta didik kelas XI SMA Negeri 4 Kota Kupang yang berjumlah 80 orang.. Data penelitian dikumpulkan dengan tes pengetahuan awal dan tes sejarah Indonesia. Data hasil penelitian dianalisis dengan statitik deskriptif dan analysis of variance (ANOVA) two way 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan skor mean hasil belajar sejarah Indonesia yang diraih peserta didik SMA antara kelompok yang diberi perlakuan dengan strategi inkuiri dan strategi reseptif (2) terdapat perbedaan yang signifikan skor mean hasil belajar sejarah Indonesia peserta didik SMA antara kelompok yang memiliki pengetahuan awal tinggi dan kelompok yang memiliki pengetahuan awal rendah dan (3) tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran (inkuiri dan reseptif) dan pengetahuan awal (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar sejarah Indonesia di SMA. Saran yang diajukan untuk guru (1) menerapkan strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Sejarah di SMA karena strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan (2) perlu memperhatikan pengetahuan awal peserta didik karena pengetahuan awal yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar sejarah Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63704

Actions (login required)

View Item View Item