Studi pengelolaan Diklat Interaksi Online (DIO) widyaiswara / Izzati Fahrin Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pengelolaan Diklat Interaksi Online (DIO) widyaiswara / Izzati Fahrin Nisa

Nisa, Izzati Fahrin (2016) Studi pengelolaan Diklat Interaksi Online (DIO) widyaiswara / Izzati Fahrin Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa Izzati Fahrin. 2016. Studi Pengelolaan Diklat Interaksi Online (DIO) Widyaiswara. Skripsi. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (II)Dr. Henry Praherdhiono S.Si. M.Pd. Kata Kunci Pengelolaan Widyaiswara Diklat Online. Diklat atau pelatihan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia sebagai tenaga profesional baik yang baru ataupun yang sudah bekerja perlu mengikuti pelatihan karena adanya tuntutan yang dapat berubah akibat perubahan lingkungan kerja dan strategi. Sedangkan Diklat Interaksi Online (DIO) adalah suatu pelatihan atau diklat yang disampaikan secara terpisah antara widyaiswara dengan peserta diklat lebih fleksibel dalam bentuk Online dengan pemanfaatan teknologi.Widyaiswara merupakan tenaga pendidik dan kediklatan yang berperan mengajar dan melatih aparatur Negara. Seorang widyaiswara harus memiliki berbagai komponen kemampuan dalam mengajar. Dengan berbagai komponen kemampuan dalam mengajar widyaiswara mampu mengelola pembelajaran online dalam kegiatan diklat interaksi online (DIO) yang dilaksanakan di PPPPTK PKn dan IPS dengan kompetensi pengelolaan yang miliki oleh widyaiswara Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan pengelolaan perencanaan pembelajaran diklat online oleh widyaiswara (2)memaparkan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran diklat online oleh widyaiswara (3) memaparkan pengelolaan evaluasi pembelajaran diklat online oleh widyaiswara (4) memaparkan faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran (5) memaparkan upaya dalam penanganan masalah dalam diklat online. Penelitian ini dilakukan di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PKn Dan IPS. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan metode kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh lima simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pengelolaan perencanaan pembelajaran online oleh widyaiswara yaitu (1) melakukan sosialisasi (2) menyusun silabus (3) menyusun materi ajar (4) membuat jadwal kegiatan. Kedua pengelolaan pelaksanaan pembelajaran online oleh widyaiswara yaitu (1) pelaksanaan kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah disusun (3) widyaiswara melakukan Video Conference dan melakukan interaksi dengan peserta diklat. Widyaiswara melakukan peran sebagai instruktur dalam kegiatan diklat. Ketiga pengelolaan evaluasi pembelajaran online widyaiswara widyaiswara melakukan strategi yang tepat dengan mengakumulasikan hasil nilai dari keseluruhan tugas dan soal tes dengan bantuan sistem dan dibantu oleh administrator. Keempat (1) faktor pendukung dalam pengelolaan pembelajaran online yaitu mampu menjangkau lebih banyak peserta diklat dan meminimalisr biaya dibanding diklat konvensional (2) faktor penghambat yaitu konekstivitas kurang stabil sehingga menghambat dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh widyaiswara. secara keseluruhan widyaiswara sudah cukup tanggap dan sigap dalam upaya mengatasi masalah dalam kegiatan diklat interaki online yaitu dengan mengkoordinasikan dengan berbagai pihak terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item