Pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar mahasiswa / Yohanes Suban Tenawahang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar mahasiswa / Yohanes Suban Tenawahang

Tenawahang, Yohanes Suban (2017) Pengaruh strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar mahasiswa / Yohanes Suban Tenawahang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tenawahang Y. Suban. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M. Ed. (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (III) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran berbasis masalah strategi pembelajaran langsung pengetahuan awal dan hasil belajar. Strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu alternatif strategi pembelajaran yang efektif dan efisien bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah evaluasi pembelajaran di PGSD FKIP UNDANA Kupang. Strategi pembelajaran ini memiliki beberapa kelebihan dalam proses perkuliahan antara lain dapat menanamkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif terhadap pemecahan masalah membuat pembelajaran lebih bermakna karena lebih relevan dengan kehidupan nyata dan berpusat pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan (1) menguji perbedaan hasil belajar kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran langsung (2) menguji perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang mempunyai pengetahuan awal tinggi dan mahasiswa yang mempunyai pengetahuan awal rendah dan (3) menguji ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan pengetahuan awal mahasiswa terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan ekperimen kuasi non equivalent control group design dengan rancangan faktorial 2x2. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester V yang memprogamkan mata kuliah evaluasi pembelajaran semester ganjil 2015/2016 terdiri atas dua kelas paralel sebanyak 90 mahasiswa. Subyek penelitian tidak ditentukan secara random tapi diambil secara apa adanya (intact group) kelas C (45 mahasiswa) sebagai kelas eksperimen (strategi pembelajaran berbasis masalah) dan kelas D (45 mahasiswa) sebagai kelas kontrol (pembelajaran langsung). Variabel bebas dalam penelitian memiliki dua dimensi yaitu strategi pembelajaran berbasis masalah (X1) dan startegi pembelajaran langsung (X2) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar (Y) dan variabel moderator penelitian ini adalah pengetahuan awal (Z) yang terdiri atas mahasiswa dengan pengetahuan awal tinggi dan mahasiswa dengan pengetahuan awal rendah. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan ANOVA (Analysis of Variance). Sebelum dilakukan analisis ANOVA dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dari kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan uji levene s test yang didasarkan pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data dapat disimpulkan (1) rerata hasil pembelajaran berbasis masalah lebih besar rerata hasil pembelajaran dengan strategi pembelajaran langsung (41 20 26 33) dengan demikian pembelajaran dengan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih unggul dibandingkan dengan strategi pembelajaran langsung (2) didapatkan nilai F hitung sebesar 3 330 dan nilai signifikansi sebesar 0 071 dan berada di atas taraf signifikansi 0 05 dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan mahasiswa yang memiliki pengetahuan awal rendah dan (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar dengan demikian pengetahuan awal tidak mempengaruhi hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan beberapa saran untuk pemanfaatan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah evaluasi pembelajaran yaitu para dosen pengampu mata kuliah evaluasi pembelajaran sebaiknya mempertimbangkan penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah sebagai strategi pembelajaran alternatif dalam proses perkuliahan agar dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk penelitian lanjutan disampaikan saran sebagai berikut (1) untuk melihat efektifitas strategi pembelajaran berbasis masalah lebih lanjut dapat melibatkan variabel-variabel lain seperti motivasi sikap gaya belajar dan lain-lain (2) untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan pada mata kuliah yang lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63696

Actions (login required)

View Item View Item