Pengaruh teknologi mobile sebagai mindtools terhadap keterampilan problem solving dan metakognitif / Fajar Arianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh teknologi mobile sebagai mindtools terhadap keterampilan problem solving dan metakognitif / Fajar Arianto

Arianto, Fajar (2016) Pengaruh teknologi mobile sebagai mindtools terhadap keterampilan problem solving dan metakognitif / Fajar Arianto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arianto Fajar. 2016. PengaruhTeknologi Mobile sebagaiMindtoolsterhadapKeterampilan Problem Solving danMetakognitif. Program StudiTeknologiPembelajaran Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr.PunajiSetyosari M.Pd. M.E.d (II) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd. M.Kes. (III) SaidaUlfa M.Edu. Ph.D Keywords mindtools problem solving metakognitif teknologi mobile smartphone Teknologipendidikanbertujuanuntukmemfasilitasibelajardanpeningkatankinerja. Memfasilitasibelajarmenyangkutsemuapebelajar termasukpebelajar yang mengalamiketerbatasan.Cerebral palsy (CP) tipespastikmemilkilebihdariduaketerbatasan sehinggaberdampakpadakemampuanbelajarnya.Pembelajaranbagi CP hendaknyadiarahkanpadakemandiriandanketerampilandalamberfikir.Kemandiriandapatdilakukandenganmengembangkanketerampilanpemecahanmasalahdanmetakognitif.Penggunaanteknologi mobile mampumengatasiketerbatasan yang dimilikioleh CP tipespastik.Teknologi mobile berfungsiuntukmemberikanpengalamanbelajardalamlingkungansosialdaninformatikasertamendukunginteraksiunik yang bermanfaatuntukbelajar.Aplikasi yang terdapatdalamteknologi mobile dalampenelitianiniadalahsmartphone jikadigunakanakanmewakiliapa yang merekaketahuidenganmelibatkanalamberfikirkritistentangkonten yang dipelajarinya. Penggunaanteknologi mobile bagi CP tipespastikdapatdigunakansebagaialatberfikir (mindtools). Penelitianinimenggunakanmetodesingle subject research (SSR) dengandesainmultiplebaseline (MB).Subjekpenelitianberjumlahtiga orang CP tipespastiktanpagangguankognitif yang masihbersekolah di SMPLB yang memilikikemampuandalammengoperasikan smartphone.Eksperimenpadapenelitianinidilaksanakanselama 12 minggudenganmengerjakansoalproblem solving partisipan I lama baseline 3 minggudanintervensi 9 minggu partisipan II lama baseline 5 minggudanintervensi 7 minggu lama baseline 7 minggudanintervensi 5 minggu. Dan selamaeksperimen tiapminggudilakukanpengambilan data untukketerampilanmetakognitif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) penggunaanteknologi mobile sebagaimintoolsbagianak CP tipespastikmemberikanperubahan yang kecilpadaperolehanketerampilan problem solving (2) penggunaanteknologi mobile sebagaimintoolsbagianak CP tipespastikmemberikanperubahan yang besarpadaperolehanketerampilanmetakognitif (3) terdapatperbedaan di antaraketigapartisipandalamperolehanketerampilan problem solving denganmenggunakanteknologi mobile sebagaimindtools dan (4) terdapatperbedaan di antaraketigapartisipandalamperolehanketerampilanmetakognitifdenganmenggunakanteknologi mobile sebagaimindtools

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63690

Actions (login required)

View Item View Item