Pengaruh metode debat dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / A. Jauhar Fuad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode debat dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / A. Jauhar Fuad

Fuad, A. Jauhar (2016) Pengaruh metode debat dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa / A. Jauhar Fuad. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Fuad A. Jauhar. 2016. Pengaruh Metode Debat dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A (II) Dr. Sulton M.Pd (III) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. Kata Kunci metode debat metode diskusi gaya belajar berpikir kritis. Pembelajar perlu memilih metode pembelajaran yang tepat karena dihadapkan pada banyak pilihan. Pembelajar yang menggunakan pembelajaran aktif dengan berpusat pada pebelajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pebelajar. Pembelajaran yang mempromosikan belajar aktif adalah metode debat dan metode diskusi. Kedua metode tersebut berorientasi pada kemampuan berpikir kritis terbatas maupun berpikir kritis umum. Aspek lain yang berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran adalah gaya belajar yakni gaya belajar divergen dan konvergen. Rumusan masalah penelitian ini (1) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara pebelajar yang menggunakan metode debat dan metode diskusi (2) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara pebelajar yang memiliki gaya belajar divergen dan gaya belajar konvergen (3) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis terbatas (4) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara pebelajar yang menggunakan metode debat dan metode diskusi (5) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara pebelajar yang memiliki gaya belajar divergen dan gaya belajar konvergen (6) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis umum Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan pretest-posttest nonequivalent control group design. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 119 pebelajar. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Malang bidang studi pendidikan kewarganegaraan semester II. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan rating scales. Hipotesis penelitian diuji dengan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) menggunakan program SPSS 20 for Windows pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara pebelajar yang menggunakan metode debat dengan metode diskusi (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis terbatas antara gaya belajar konvergen dengan gaya belajar divergen (3) ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis terbatas. Hal ini bermakna bahwa pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis terbatas dipengaruhi oleh gaya belajar (4) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara pebelajar yang menggunakan metode debat dengan metode diskusi. Metode diskusi lebih baik daripada metode debat (5) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis umum antara gaya belajar konvergen dengan gaya belajar divergen (6) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis umum. Hal ini bermakna bahwa pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis umum tidak dipengaruhi oleh gaya belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63689

Actions (login required)

View Item View Item