Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal peer questioning vs kerjasama kelompok dan efikasi diri terhadap penguasaan konsep dan keterampilan teknikal materi sistem radio / Yetursance Yulsiana Manafe - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal peer questioning vs kerjasama kelompok dan efikasi diri terhadap penguasaan konsep dan keterampilan teknikal materi sistem radio / Yetursance Yulsiana Manafe

Manafe, Yetursance Yulsiana (2016) Pengaruh strategi pembelajaran reciprocal peer questioning vs kerjasama kelompok dan efikasi diri terhadap penguasaan konsep dan keterampilan teknikal materi sistem radio / Yetursance Yulsiana Manafe. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Manafe Yetursance Y. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Peer Questioning Vs Kerjasama Kelompok dan Efikasi Diri terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Teknikal Materi Sistem Radio. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd. (III) Saida Ulfa M.Edu. Ph.D. Kata Kunci reciprocal peer questioning kerjasama kelompok efikasi diri penguasaan konsep keterampilan teknikal. Pembelajaran mengandung makna memfasilitasipebelajar agar aktif belajar. Kondisi pada lokasi penelitian menunjukkan tingkat partisipasi pebelajar masih rendah pada materi sistem radio khususnya mata pelajaran Memperbaiki Radio Penerima dengan tingkat ketuntasan 65 3% dan yang belum tuntas 34 7%. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak adanya pengaruh strategi pembelajaran reciprocal peer questioning versus kerjasama kelompok terhadap perolehan penguasaan konsep dan keterampilan teknikal. Apakah efikasi diri pebelajar mempunyai pengaruh terhadap perolehan penguasaan konsep dan keterampilan teknikal pebelajar dan apakah terjadi interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri dengan menggunakan metode eksperimental semu (quasi experimental) dan rancangan faktorial 2x2 versi non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Kupang. Subyek penelitian adalah pebelajar kelas X Teknik Audio Video (TAV)berjumlah 82 orang (TAV 1 berjumlah 42 orang dan TAV 2 berjumlah 40 orang) yang memprogram mata pelajaran Memperbaiki Radio Penerima tahun ajaran 2015/2016. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian adalah (1) ada perbedaan penguasaan konsep pebelajaryang diajar menggunakan pembelajaran reciprocal peer questioningdibanding pembelajaran kerjasama kelompok (2) ada perbedaan penguasaan konsep antara pebelajar yang memiliki efikasi diri tinggi dengan pebelajar yang memiliki efikasi diri rendah (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri pebelajar terhadap penguasaan konsep materi sistem radio (4) tidak ada perbedaan keterampilan teknikal pebelajar yang diajar menggunakan strategi pembelajaran reciprocal peer questioning dengan strategi pembelajaran kerjasama kelompok (5) ada perbedaan keterampilan teknikal pebelajar yang memiliki efikasi diri tinggi dengan pebelajar yang memiliki efikasi diri rendah (6) dan ada interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri pebelajar terhadap hasil belajar keterampilan teknikal mata pelajaran Memperbaiki Radio Penerima. Berdasarkan hasil penelitian dapat sarankan (1)Strategi pembelajaran reciprocal peer questioningditerapkan pada mata pelajaran memperbaiki radio penerima karena terbukti efektif meningkatkan hasil belajar penguasaan konsep maupun keterampilan teknikal (2) Strategi kerjasama kelompok sama baiknya dengan Reciprocal Peer Questioning untuk mata pelajaran praktek sehingga dapat diterapkan pada mata pelajaran praktek lainnya (3)Efikasi diri pebelajar menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan terutama pada saat kegiatan belajar praktek dan (4) Penelitian selanjutnya dapat dicoba pada kelas berbeda dengan kompetensi keahlian yang berbeda seperti mesin listrik elektronika sipil dan informatika pada Sekolah Menegah Kejuruan. 8195

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63686

Actions (login required)

View Item View Item