Peningkatan hasil belajar IPS perjuangan para tokoh melawan Belanda Jepang melalui model picture and picture kelas V SDN Sumberdiren 02 Kabupaten Blitar / Arif Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPS perjuangan para tokoh melawan Belanda Jepang melalui model picture and picture kelas V SDN Sumberdiren 02 Kabupaten Blitar / Arif Fauzi

Fauzi, Arif (2016) Peningkatan hasil belajar IPS perjuangan para tokoh melawan Belanda Jepang melalui model picture and picture kelas V SDN Sumberdiren 02 Kabupaten Blitar / Arif Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauzi Arif. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPS Perjuangan Para Tokoh Melawan Belanda JepangKelas V SDN Sumberdiren 2 Kabupaten Blitar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suminah S.Pd M.Pd (2) Dra. Widayati M.H. Kata kunci peningkatan ips model picture and picture. Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada pembelajaran IPS dengan materi sumber daya alam di kelas V SDN Sumberdiren 2 Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) pembelajaran berpusat pada guru (2) guru selalu menggunakan model ceramah (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan (4) suasana pembelajaran kurang menyenangkan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu dari 10 siswa hanya 3 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM yaitu 75 sedangkan sebanyak 7 siswa dinyatakan belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model picture and picture pada pembelajaran IPS dengan materi perjuangan para tokoh melawan penjajahan Belanda dan Jepang (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi perjuangan para tokoh melawan penjajahan Belanda dan Jepang dengan menggunakan model picture and picture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus satu siklus terdiri dari dua pertemuan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi catatan lapangan dan tes. Analisis data diawali dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian persentase kemampuan guru dalam menggunakan model Picture and picture pada siklus I adalah 84% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa pada tahap pratindakan adalah 55 dengan ketuntasan klasikal mencapai 30%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70 dengan ketuntasan klasikal 50%. Sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82 dengan ketuntasan klasikal mencapai 90% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapal model picture and picture dilaksanakan guru dengan sangat baik dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V dari kurang sekali menjadi baik. Disarankan kepada guru untuk menerapkan dan mengembangkan model picture and picture pada pembelajaran IPS materi yang lain dan bagi sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang lengkap dan pelatihan bagi guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item