Pengembangan bahan ajar mata kuliah Reading Comprehension dengan menggunakan C_ID model R2D2 / Yudi Hari Rayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar mata kuliah Reading Comprehension dengan menggunakan C_ID model R2D2 / Yudi Hari Rayanto

Rayanto, Yudi Hari (2016) Pengembangan bahan ajar mata kuliah Reading Comprehension dengan menggunakan C_ID model R2D2 / Yudi Hari Rayanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rayanto YudiHari 2016. PengembangaanBahanAjar Mata Kuliah Reading Comprehension denganmenggunakan C-ID Model R2D2. Disertasi. Program Studi TeknologiPembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman S Degeng. (II) Prof. Dra.UtamiWidiati M.A Ph.D. (III) Prof. Dr. PunajiSetyosari M.Ed M.Pd Kata Kunci pembelajaran r2d2 prosedur Pembelajaranmerupakansuatu proses interaksiantarapembelajardanpebelajar. Proses inimenitikberatkanpadaupayamembelajarkanparapebelajardalammengaitkanunsur-unsurkognitif yang telahmerekamilikisebagai prior knowledgenya Degeng (2013). Untukinipengembanganbahan ajar sangatpentinguntukdilakukanuntukmendukungpembelajaran yang akandiimplementasikan. Bahan ajar merupakansaranabelajar yang berfungsimembantumembelajarkanpebelajarsecarasistematis terarahsesuaidengantujuan yang telah di tetapkan.Bahan ajar merupakanmateri yang terusberkembangsecaradinamisseiringdengankemajuandantuntutanperkembanganmasayarakat. OlehKarenaitu bahan ajar yang dipergunakanharusmampumeresponsetiapperubahanataumengantisipasisetiapperkembangan yang akanterjadi di masadepan. Ketersediaanbahan ajar yang di desaindengankonsepdanteori yang tepatdapatmendorongpebelajaruntukmampumencernadanmemahamiisibahan ajar secaramaksimal. Pembelajaranmatakuliah Reading Comprehensionpada Program StudiBahasaInggris STKIP PGRI Pasuruanmasihdirasabelumoptimal.Halinidikarenakanbelumadanyabahan ajar yang dikembangkansendiriolehpembelajaryang memperhatikankarakteristikpebelajar.Selainitu pembelajaranmatakuliahmembacamasihterpusatpadapembelajardanbelummelakukanpendekatan yang komunikatif. Untukmemecahkanpermasalahantersebut diatas makaperludikembangkanbahan ajar yang bisamemenuhikebutuhanpengguna yaituuntukpembelajardanpebelajar. Model R2D2 merupakansuatuprosedurrancanganpembelajarankonstruktifistik yang menekankankekreatifitasanpada proses pembelajaranitusendiri. Dalamhalini R2D2 yang akandikembangkanmerupakanprosedur yang beradadalam R2D2 itusendiriuntukmendesaindanmengembangkanbahan ajar dengan yang akandiimplementasikandalampembelajaran dikelas. Hal inidikarenakan Masalah-masalah yang samamungkindibahasberkali-kali melaluisuatu proses. Selainitu prosedurrancanganpembelajaran model R2D2 inidipandangsebagaisuatupembelajaran yangmengarahpadaperbaikan-perbaikandidalammateripembelajarandalampengembangannya. Prosedurpengembanganbahan ajar initerdiridari 5 tahap.Pertama tahapidentifikasi yang terdiridari (1) pengkajiateoritismelaluistudipustaka (2) pengkajianempirismelaluiobservasi di kelas. Kedua tahap define yaitumembentuksuatutim( terdiridariperwakilanpembelajarmatakuliahitusendiri pebelajar danpengembang). Ketiga tahapdesaindanpengembangan yaitu (1) mendesaintempatataulingkunganpengembangan (2) pemilihan media danformatnya (3) prosedurevaluasi dan (4) produkdesaindanpengembangan (silabus RPP isimateri test danpenilaian). Keempat tahapujicoba yang terdiridariujiahli kelompokdanlapangan.Kelima tahapdiseminasi. Data yang diperolehdariparaahli ujikelompokdanlapangandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisdiskriptifkuantitatifdankualitatifuntukmengetahuikevalidan kepraktisandankeefektifandaribuku ajar yang dihasilkan. Secara kuantitatif (1)kevalidandaribuku ajar yang dikembangkanmemenuhikriteria valid yaitu 3 9. Nilaiiniberadapada interval3 8804 (V_k ) 773 8804 4 (2) Kepraktisanberdasarkan data aktivitaspembelajardalampembelajaranmenunjukkankriteriapraktis yaitudengan nilai 3 9padauji kelompok dan 4 0 padauji lapangan. Nilai tersebut berada pada interval 3 8804 (P_k ) 773 8804 4 sedangkanuntuk (3) keefektifandaribuku ajar pada (a) aktivitas pebelajar mendapat nilai 3 97 diuji kelompok dan 4 0 diuji lapangan. Nilai tersebut dapat dikategorikan aktivitas tinggikarena berada pada interval 3 8804 (a_k ) 773 8804 4 (b) prosentase pebelajar yang merespon positif secara keseluruhan adalah 100% di uji kelompok dan 93 5% di uji lapangan dan dapat dikatakan bahwa pebelajartelahmemberikan respon positifterhadappembelajaran yang telahdilakukan (c) prosentase pebelajaryang sudah menguasai adalah 100% di uji kelompok dan 93 5% di uji lapangan dan secarakualitatif berdasarkan saran masukandankomentar yang diberikan produkbuku ajar yang dikembangkanperludilakukanrevisi. Revisi yang dilakukanolehpengembangberdasarkandariparaahliterkaitpada cover perpaduanwarna istilah penulisan chapter judulperluditambahi danpenulisan style dalamreferensi.Sedangkandaripara observer padaujikelompoklangsungdilakukanrevisi di pertemuanselanjutnya yaituterkaitpadapengaturantataletakkursi danpebelajardiberikesempatanuntukbertanya. Sehinggapadaujilapangan para observer sudahtidakmemberikan saran masukanmaupunkomentarlagi. Berdasarkanproduk yang dihasilkan pengembangmemberikan saran agar produk buku ajar Reading Comprehension sebaiknyajangandigunakanpadapebelajar di semesterawal namundiberikankepadapebelajar di semester II.Hal inidikarenakanpebelajardi semester awalmerupakanpebelajartransisi yang masihbutuhadaptasi.Selaindaripadaini sebelumdibelajarkan baikpebelajarmaupunpembelajar disarankan agar membacaterlebihdahulucaramenggunakanbuku ajar Reading Comprehension yang telahtertulis didalambuku ajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63679

Actions (login required)

View Item View Item