Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep IPA SD / Sri Wahyuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep IPA SD / Sri Wahyuningtyas

Wahyuningtyas, Sri (2016) Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium dan sikap siswa terhadap hasil belajar konsep IPA SD / Sri Wahyuningtyas. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sri Wahyuningtyas. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kegiatan Laboratoriumdan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Konsep IPA Siswa SD. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. (III) Prof.Dr.Agr.Moh.Amin M.Pd. Kata kunci strategi pembelajaran kontekstual laboratorium sikap hasil belajar Strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratoriumini lebih banyak dihadapkan kepada tindakan melakukan percobaan daripada membaca buku teks. Siswa dapat melakukan sesuatu yang dilihat dengan inderanya. Kegiatan tersebut dilaksanakan baik melalui kegiatan nyata maupun melalui laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk menguji strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium terhadap hasil belajar konsep IPA. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji adanya pengaruh sikap siswa terhadap hasil belajar konsep IPA. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji terjadinya interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap terhadap hasil belajar konsep IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian versi faktorial 2x2 non-equivalent control group design. Penelitian ini subyek melibatkan 97 siswa SD dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Analysis of Varience (ANOVA). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan hasil belajar konsep antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium dan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran tanpa kegiatan laboratorium. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar konsep siswa yang memiliki sikap positif dan siswa yang memiliki sikap negatif terhadap IPA. (3)Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan sikap siswa (positif dan negatif) terhadap hasil belajar konsep IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Strategi pembelajaran kontekstual berbasis kegiatan laboratorium perlu diterapkan di sekolah dengan beberapa tahapan penting yang harus dilakukan oleh guru selaku perencana dan pelaksana pembelajaran. (2) Guru perlu mempertimbangkan sikap siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan labolatorium. (3) Jika guru mengajar menggunakan strategi pembelajaran perlu mempertimbangkan factor-faktor selain sikap.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63672

Actions (login required)

View Item View Item