Hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif, motivasi belajar, efikasi diri, kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri di Kota Malang / Marlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif, motivasi belajar, efikasi diri, kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri di Kota Malang / Marlina

Marlina (2016) Hubungan antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif, motivasi belajar, efikasi diri, kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri di Kota Malang / Marlina. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marlina 2015. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Metode Pembelajaran Aktif Motivasi Belajar Efikasi Diri Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI SMK Negeri di kota Malang. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd. (II) Dr. Waras Kamdi M. Pd. dan (III) Prof. Dr. H. Punaji Setyosasi M.Pd. M.Ed. Kata kunci Persepsi siswa metode pembelajaran aktif motivasi belajar efikasi diri kecerdasan emosional hasil belajar pendidikan agama Islam. Dalam pembelajaran ada yang berhubungan langsung dengan hasil belajar. Faktor yang sangat berhubungan dengan hasil belajar pada seluruh mata pelajaran termasuk juga pelajaran PAI. Persepsi siswa terhadap suatu pelajaran sangat penting karena dengan memiliki persepsi yang baik terhadap suatu pelajaran termasuk pelajaran PAI akan memiliki hubungan dengan prestasi yang diharapkan dalam suatu hasil pembelajaran termasuk dalam pembelajaran PAI. Variabel pada penelitian ini terdiri variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif motivasi belajar efikasi diri dan kecerdasan emosional dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara (1) persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif dan motivasi belajar (2) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif dan efikasi diri (3) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif dan kecerdasan emosional (4) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif dan hasil belajar (5) motivasi belajar dan hasil belajar (6) efikasi diri dan hasil belajar (7) kecerdasan emosional dan hasil belajar (8) persepsi siswa tentang pelaksanaan pembelajaran aktif motivasi belajar efiksi diri kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Malang yang beragama Islam. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 188 siswa dari 2333 populasi. Metode pengambilan sampel penelitian ditetapkan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data untuk keempat variabel bebas menggunakan angket (kuesioner) sedangkan variabel terikat diperoleh dari ujian akhir semester (nilai raport). Instrumen yang dipakai untuk mengukur variabel-variabel yang akan diteliti menggunakan skala Likert. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunkan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial berbantuan program SPSS for Windows Versi 21.0. Pengujian hipotesis ini menggunakan analysis jalur (path analysis) yaitu untuk mengetahui sebab akibat dengan tujuan langsung dan akibat tidak langsung seperangkat variabel sebagai variabel penyebab terhadap variabel lainnya yang merupakan variabel akibat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif (X1) dan motivasi belajar (X2) hasil ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan metode pembelajaran aktif maka semakin besar motivasi belajar siswa (2) terdapat korelasi positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif (X1) dan efikasi diri (X3) hasil ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan pembelajaran aktif maka semakin besar efikasi diri siswa (3) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif (X1) dengan kecerdasan emosional (X4) siswa hasil ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan pembelajaran aktif maka semakin tinggi kecerdasan emosional siswa (4) terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang pelaksanaan metode pembelajaran aktif (X1) dengan hasil belajar (Y) siswa dan dapat diterima hasil ini menunjukan bahwa semakin baik pelaksanaan metode pembelajaran aktif maka semakin tinggi hasil belajar siswa (5) terdapat hubungan positif antara motivasi belajar siswa (X1) dan hasil belajar (Y) siswa hasil ini menunjukan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa (6) terdapat korelasi positif antara efikasi diri (X3) dan hasil belajar (Y) siswa hasil ini menunjukan bahwa semakin besar efikasi diri siswa maka semakin baik hasil belajar siswa dan (7) terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional (X4) dan hasil belajar (Y) siswa yang menempuh mata pelajaran PAI kelas XI SMK Negeri Malang dapat diterima hasil ini menunjukan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka beberapa saran dan masukan kepada para guru adalah sebagai berikut (1) Siswa lebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas supaya mampu memahami materi dengan baik (2) Guru SMK Negeri di Kota Malang perlu melaksanakan pembelajaran aktif dimana didalam menyampaikan materi pelajaran perlu dilakukan aktifitas pengerjaan selain itu adanya penekanan pada eksplorasi nilai-nilai dan sikap-sikap berkenaan dengan materi pelajaran dan (3) Penelitian selanjutnya perlu melakukan kajian pada Sekolah Menegah Atas sehingga akan menghasilkan kajian yang lebih sempurna dan tidak hanya pada pata pelajaran Pendidikan Agama Islam akan tetapi pada semua pelajaran yang menerapkan pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63670

Actions (login required)

View Item View Item