Peningkatan pembelajaran matematika materi sudut dengan menggunakan media jam untuk siswa kelas IV SDN Jombok 1 Kesamben Jombang / Zakaria Agung Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran matematika materi sudut dengan menggunakan media jam untuk siswa kelas IV SDN Jombok 1 Kesamben Jombang / Zakaria Agung Setyawan

Setyawan, Zakaria Agung (2016) Peningkatan pembelajaran matematika materi sudut dengan menggunakan media jam untuk siswa kelas IV SDN Jombok 1 Kesamben Jombang / Zakaria Agung Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyawan Zakaria Agung. 2016. Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Sudut dengan Menggunakan Media Jam untuk Siswa Kelas IV SDN Jombok 1 Kesamben Jombang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd (II) Drs. Syaiful Imam S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Matematika Media Jam. Pendidikan merupakan hal utama dalam kehidupan umat manusia. Melalui pendidikan transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berlangsung secara berkesinambungan dari generasi ke generasi menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting karena pelajaran matematika merupakan salah satu sarana dalam membentuk peserta didik untuk berpikir secara alamiah. Hal ini sesuai dengan fungsi pembelajaran matematika yaitu untuk mengembangkan kemampuan berhitung yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV di Jombok I Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang karena guru belum memanfaatkan media yang sesuai serta menarik bagi siswa untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga menyebabkan siswa sulit memahami materi yang disampaikan serta aktifitas siswa dalam pembelajaran cenderung bersifat pasif.Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian guru sebagai peneliti yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa Kelas IV SDN Jombok I. Penggunaan media jam pada pembelajaran matematika materi pokok sudut dinilai efektif karena selain sesuai dengan materi yang dipelajari pada pembelajaran media jam juga menarik perhatian siswa karena memiliki warna yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media jam dalam pembelajaran matematika materi pokok sudut pada kelas IV SDN Jombok I dapat meningkatkan pembelajaran siswa yang meliputi aspek keberanian kerjasama keaktifan dan ketepatan jawaban pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan paparan data yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung penggunaan media jam dalam pembelajaran matematika materi pokok sudut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar berupa kemampuan afektif dan psikomotorik siswa dibuktikan dengan peningkatan aktivitas siswa dalam hal keaktifan keberanian kerjasama dan ketepatan jawaban yang diukur melalui lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan media jam dalam pembelajaran matematika materi pokok sudut dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Jombok I. Peneliti juga menyarankan untuk dilaksanakan penelitian selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6367

Actions (login required)

View Item View Item