Pengembangan standar program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar berbasis ergonomi / Henry Praherdhiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan standar program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar berbasis ergonomi / Henry Praherdhiono

Praherdhiono, Henry (2016) Pengembangan standar program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar berbasis ergonomi / Henry Praherdhiono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praherdhiono Henry. 2015. Pengembangan Standar Program Pengukuran Kenyamanan Lingkungan Belajar Berbasis Ergonomi. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degang M.Pd (2) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (3) Dr. Sulton M.Pd ABSTRAK Kata kunci program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar prinsip ergonomi Ergonomi merupakan keilmuan yang mendapat kontribusi dari multidisiplin keilmuan. Ergonomi dalam pembelajaran merupakan cara untuk meningkatkan kinerja pebelajar melalui lingkungan belajar. Kenyamanan lingkungan belajar perlu didekati dengan konsep ergonomi. Simulator lingkungan belajar merupakan ruang untuk mengukur tingkat kenyamanan lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan proses penguatan pengalaman belajar. Pengembangan menghasilkan instrumen pengukuran persepsi pebelajar terhadap lingkungan belajar dengan melihat perilaku belajar pebelajar dalam lingkungan belajar. Lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap pebelajar berdasarkan teori ergonomi dan teori sosial kognitif. Teori-teori tersebut memiliki kesamaan dalam menjelaskan tentang hubungan antara manusia pekerjaan dan lingkungan di mana aktivitas mental dan fisik berlangsung. Pengkondisian lingkungan belajar berbasis ergonomi membutuhkan simulator lingkungan belajar. Simulator dapat mensimulasikan indikator-indikator lingkungan belajar sehingga dapat dirasakan indrawi pebelajar. Pengembangan program pengukuran kenyamanan lingkungan belajar tidak dapat dipisahkan dengan prinsip ergonomi. Pengkondisian lingkungan belajar berdasarkan prinsip ergonomi. Prinsip ergonomi selain menjadi acuan pengembangan program pengukuran juga digunakan sebagai standar pengembangan ruang simulator. Prinsip ergonomi merupakan landasan pengembangan simulator. Model Pengembangan Dignan and Carr (1992) menjadi landasan dalam mewujudkan program pengukuran kenyamanan pebelajar dalam lingkungan belajar. Prinsip ergonomi menggunakan teori yang dikemukakan oleh Mc Vey (2001) menjadi indikasi kenyamanan belajar. Teori kenyamanan belajar menggunakan teori yang dikemukakan oleh Schunk (2011). Teori-teori tersebut memaparkan bahwa program pengukuran lingkungan belajar berbasis ergonomi merupakan kondisi yang dirasakan pebelajar dalam lingkungan belajar. Persepsi kenyamanan pebelajar diukur melalui kemampuan kognitif pebelajar dalam membangun human performan pebelajar. Produk pengembangan merupakan 1) standar program pengukuran kenyamanan pada lingkungan belajar berdasarkan prinsip ergonomi 2) panduan standar pelaksanaan pengukuran kenyamanan pada lingkungan belajar berdasarkan prinsip ergonomi 3) Deskripsi produk ruang simulator lingkungan belajar berdasarkan prinsip ergonomi sebagai alat ukur 4) Deskripsi produk perangkat simulator bagi pengguna individu lingkungan belajar berdasarkan prinsip ergonomi sebagai instrumen lingkungan. Hasil produksi telah digunakan dalam serangkaian ujicoba dan telah teruji valid oleh ahli elektronik ahli human performan dan ahli kesehatan dan keselamatan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63667

Actions (login required)

View Item View Item