Pengaruh strategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap hasil belajar praktik teknik otomotif di SMK / Suyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap hasil belajar praktik teknik otomotif di SMK / Suyanto

Suyanto (2016) Pengaruh strategi pembelajaran dan bakat mekanik terhadap hasil belajar praktik teknik otomotif di SMK / Suyanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suyanto 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Bakat Mekanik terhadap Hasil Belajar Praktik Teknik Otomotif di SMK. Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed. (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci pembelajaran kontekstual pembelajaran langsung bakat mekanik hasil belajar. Salah satu bentuk proses perbaikan pembelajaran adalah pengembangan strategi pembelajaran. Pengembangan strategi pembelajaran yang dibutuhkan adalah strategi pembelajaran yang kaya informasi dan bermakna serta mewujudkan kegiatan dinamis dan berpikir tingkat tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji signifikansi (1) perbedaan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik antara siswa dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran langsung (2) perbedaan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik antara siswa yang bakat mekanik tinggi dan bakat mekanik rendah dan (3) interaksi strategi pembelajaran dan bakat mekanik dalam perolehan hasil belajar pemahaman konsep dan keterampilan psikomotorik. Pengujian keefektifan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran langsung dilakukan dengan pembuatan/penyusunan perangkat pembelajaran. Fokus pada pengujian perbedaan hasil belajar praktik Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif siswa kelas X Teknik Otomotif SMK dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran langsung serta melibatkan bakat mekanik sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan rancangan Faktorial 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah kelas X Teknik Otomotif (TO) SMKN 1 Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah siswa 130 (4 kelas). Dua kelas TO melalui undian ditetapkan untuk menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan dua kelas TO yang lain menggunakan strategi pembelajaran langsung. Data dianalisis dengan teknik Manova dengan taraf signifikan 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) strategi pembelajaran kontekstual lebih unggul dibanding strategi pembelajaran langsung pada hasil belajar pemahaman konsep 2) siswa berbakat mekanik tinggi lebih unggul dibanding siswa berbakat mekanik rendah pada hasil belajar pemahaman konsep 3) tidak ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan bakat mekanik pada hasil belajar pemahaman konsep siswa 4)strategi pembelajaran kontekstual lebih unggul dibanding srategi pembelajaran langsung pada hasil belajar keterampilan psikomotorik 5) siswa bakat mekanik tinggi lebih unggul dibanding siswa bakat mekanik rendah pada hasil belajar keterampilan psikomotorik dan 6) tidak ada interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan bakat mekanik pada hasil belajar keterampilan psikomotorik siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan bahwa guru Teknik Otomotif di SMK (1) menjalankan strategi pembelajaran kontekstual dan (2) memahami perbedaan kepribadian kemampuan bakat mekanik karakteristik kebutuhan dan potensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63664

Actions (login required)

View Item View Item