Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS di SDN Kabupaten Bangkalan / Abdul Wahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS di SDN Kabupaten Bangkalan / Abdul Wahid

Abdul. Wahid (2015) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar IPS di SDN Kabupaten Bangkalan / Abdul Wahid. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abdul Wahid. 2015 PengaruhStrategiPembelajaranKooperatif Jigsaw danKeterampilanSosialterhadapHasilBelajarIlmuPengetahuanSosialdi SekolahDasar. Program StudiTeknologiPembelajaran PascasarjanaUniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I NyomanSudanaDegeng M.Pd. (II) Prof. Dr. H. PunajiSetyosari M.Pd. M.Ed dan (III) Dr. Sihkabuden M.Pd. Kata Kunci Strategipembelajaran jigsaw tradisional keterampilansosial danhasilbelajar Pembelajaranyang tepatmerupakanperwujudandariketepatanpenerapanteknologipembelajaran yang memungkinkan proses pembelajaranberlangsungsecarabaik agar mencapaitujuan (efektif) dandenganbiaya yang lebihmurah (efisien). Kegiatanpembelajaran yang baikberusahameningkatkanperansertapebelajarmemperbaikipengetahuan yang telahpebelajarmilikisebelumnya. Pembelajaran yang baikjugamerupakansuatukegiatan yang mendorongpenguasaanpengetahuan sikap danketerampilanolehpebelajar. Karenaitupembelajarandapatdipandangsebagaiilmuterapan yang menjembataniteoribelajardanpraktikpembelajaran.Strategipembelajaranadalahsalahsatukomponenpentingdalam proses pembelajaran yang dilakukanolehpembelajaruntukmempengaruhipebelajar agar dapatbelajardenganbaik. Pembelajaran di kelasselamainilebihseringmenggunakanstrategipembelajarantradisional dimanadalamstrategitradisionalpembelajarberperan paling dominandalam proses pembelajaran. Iniadalahpersoalanmendasar yang sesungguhnyaterjadi.Pembelajarankooperatifjigsawdipandanglebihbedadaripadapembelajaransecaraindividu maupunpembelajaran yang bersifatkompetitif. Pembelajarankooperatifjigsawdipandanglebihmemberikankesempatanpebelajaruntuklebihterlibatdalambelajar karenadalampembelajarankooperatifjigsawpebelajarharusaktifsalingmembantudalambelajar. Pembelajarankooperatifmenempat-kanbelajarberpusatpadapebelajar.Penelitianinibertujuanuntukmenguji 1)perbedaanhasilbelajarantarastrategipembelajarankooperatifjigsawdenganpembelajarantradisionalpadapembelajaranIlmuPengetahuanSosial 2) perbedaanhasilbelajarantarakelompokpebelajar yang memilikiketerampilansosialtinggidengankelompokpebelajar yang memilikiketerampilansosialrendah 3)pengaruhinteraksiantarastrategipembelajarandanketerampilansosialterhadaphasilbelajar.Hasilstatistikdeskriptifmenunjukkanbahwahasilstrategipembelajaranjigsawmemberikanpengaruh yang lebihtinggidibanding-kantradisional. Penelitianinimenggunakanrancangandengandesainfaktorialnon-equivalent control group design yang dilaksanakanpada 4 (empat) kelasparalel di kelas V di 2 (dua) SekolahDasaryaitu SDN Kemayoran 01 dan SDN Demangan 01 denganjumlahpebelajarkeseluruhan 134 orang dan yang diambilsebagaisubjekpenelitianadalah 120 orang. Teknikpemilihankelaspenelitiandilakukandenganpengundian 4 (empat) kelas yang ada. Duakelasdiundisebagaikelaseksperimen sedangkan 2 (dua) kelaslainnyaterpilihsebagaikelaskontrol. Data hasilbelajardikumpulkanmelaluikegiatanpretestdanpost-testpadakelas yang diteliti. Data pretestdiambilsebelumkegiatanpembelajarandilaksanakan dipergunakanuntukmenentukankeragamanpebelajar dan data post-testdiambilsetelahpembelajaranselesaidilaksanakanseluruhnya untukmengujiperbedaanhasilbelajar. Untukanalisis data menggunakan ANOVA faktorial 2x2 (Anovaduajalur) denganmempergunakan program SPSS 16. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa 1) hasilbelajarpebelajarkelompokpembelajarankooperatifjigsawsecarasignifikan (rerata 40 70 dan SD 3 500)berbedadenganhasilbelajarpebelajarkelompoktradisional(rerata 35 97 dan SD 3 813) 2)hasilbelajartidaksignifikanantarakelompokpebelajar yang memilikiketerampilansosialtinggi (rerata 40 51dan SD 3 517)dengankelompokketerampilansosialrendah (rerata 36 61 dan SD 4 192) 3) adainteraksi yang signifikanantaraimplementasistrategipembelajarankooperatifjigsaw( M 40 70)dantradisional(M 35 97) dengantingkatketerampilansosial. Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdikemukakan saran-saran yang terkaitdenganpemanfaatanhasilpenelitiandalampembelajaran IPS di SekolahDasardanpenelitianlebihlanjut sebagaiberikut 1) menerapkanstrategipembelajarankooperatifjigsawsebagaisalahsatustrategipembelajarandalampembelajaran IPS 2) merancangpembelajaransescarasistematis yang bersifatkontekstualdenganmemperhatikankarakteristikpebelajardanketerampilansosial 3) memahamiketerampilanbekerjasamadalamkelompoksebagailangkahmemahamikonsepmateripembelajaran 4) mengkondisikanpebelajarsehinggadapatbelajardanmendorongpebelajaruntukbelajarbersama danberanimengungkapkansendiridengankalimatbertanya/menjawabpertanyaan 5) pembelajarperlumemahamikepribadian karakteristik identitas danpengalamanpebelajarmasing-masing agar proses pembelajaransesuaidengankebutuhanpotensidantujuanpembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63663

Actions (login required)

View Item View Item