Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata kuliah pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan / Sunardjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata kuliah pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan / Sunardjo

Sunardjo (2015) Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mata kuliah pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan / Sunardjo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sunardjo 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran PPS Universitas Negeri Malang. Promotor Utama Prof. Dr. I.Nyoman S.Degeng M.Pd Ko-Promotor I Prof. Dr. Suko Wiyono SH MH Ko-Promotor II Dr. Sikhabuden M.Pd. Kata Kunci strategi pembelajaran kontekstual pembelajaran konvensional motivasi berprestasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) interaksi antara penerapan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Dengan desain eksperimen nonequivalent control group design. Rancangan pembelajaran dikembangkan oleh peneliti berupa rencana satuan acara perkuliahan dan lembar kerja mahasiswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan menerapkan pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional dengan menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen factorial 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random dimana yang diacak adalah kelas. Sampel penelitiannya adalah mahasiswa semester tiga kelas A ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran kontekstual sedang kelas C ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran konvensional. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 74. Data dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian (anava) dua jalur 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mahasiswa berbeda secara signifikan jika diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional (2) hasil belajar mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi berbeda secara signifikan dari pada mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) ada interaksi antara stretegi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Statistik diskriptif menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual (rerata 53 06) terhadap hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan penerapan strategi pembelajaran konvensional (rerata 48 76). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa strategi pembelajaran kontekstual dan tingkat motivasi berprestasi berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada para dosen untuk menggunakan strategi pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran yang diampu pada pokok bahasan tertentu untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Dalam penelitian ini motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar untuk itu perlu penelitian lebih lanjut terkait dengan adanya variabel moderator selain motivasi berprestasi (misalnya minat bakat gaya kognitif intelegensi sikap dan lain-lain) yang juga berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63662

Actions (login required)

View Item View Item