Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Nambakan Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri / Yudha Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Nambakan Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri / Yudha Kurniawan

Kurniawan, Yudha (2016) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS di SDN Nambakan Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri / Yudha Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Yudha. 2016. Penerapan Model PembelajaranRole Playing untukMeningkatkanAktivitasdanHasilBelajarSiswaKelas IV pada Mata Pelajaran IPS di SDN NambakanKecamatanRinginrejoKabupaten Kediri. Skripsi S1 Pendidikan Guru SekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs.M.ImronRosyadiH Sy S.Pd M.Pd (II) Drs.TohaMashudi .S.Pd M.Pd Kata kunci RolePlaying Aktivitas Hasil Belajar Berdasarkan Observasiawalpadapembelajaran IPS kelas IV SDN NambakanKabupatenkedirimenunjukkanhasilbelajar IPSsiswarelatifrendahyaitu 9 siswadari35 siswaatau 25 71% yang sudahtuntas KKM. 26 siswaatau 74 28% belumtuntas KKM. Hal inidisebabkan guru jarangmenggunakan model-model pembelajaran yang sesuaisertamenarikbagisiswauntukmenyampaikanmateripembelajaransehinggamenyebabkansiswamerasajenuhdankurangfokusselama proses pembelajaran.Penelitianinibertujuanuntuk (1) mendeskripsikanpenerapan model pembelajaranRole Playingpadapembelajaran IPS kelas IV SDN NambakanKabupaten Kediri (2) Penerapan Model PembelajaranRole Playingdapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswakelas IV SDN NambakanKabupaten Kediri (3) Penerapan Model pembelajarnRole PlayingdapatmeningkatkanHasilBelajar IPS siswakelas IV SDN NamabakanKabupatenKediriJenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas (PTK) yang terdiridari 2 siklusdengansubyekpenelitiansiswakelas IV SDN NambakanKabupaten Kediri. Analaisis data secaraDeskriptifKualitatifdengantahap (1)Pemaparan data (2) Reduksi data (3) Penyimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Model pembelajaran Role Playing pada mata Pelajaran IPS SD kelas V dengan materi mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya pada kelas IV SDN Nambakan Kabupaten Kediri dapat meningkatkan (1) Aktivitas belajar siswa meliputi aspek bertanya menjawab berdiskusi melaporkan.(3) Hasil belajar siswa meningkat dari pra tindakan 25 71% siklus I sebesar 68 57% menjadi 88 57% pada siklus 2. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS kelas IV SDN Nambakan Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item View Item