Pengembangan bahan ajar Bahasa Portugis untuk komunikasi siswa SMA kelas I Dili, Timor Leste / Agostinho dos Santos Goncalves - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Bahasa Portugis untuk komunikasi siswa SMA kelas I Dili, Timor Leste / Agostinho dos Santos Goncalves

Goncalves, Agostinho Dos Santos (2015) Pengembangan bahan ajar Bahasa Portugis untuk komunikasi siswa SMA kelas I Dili, Timor Leste / Agostinho dos Santos Goncalves. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Gon alves Agostinho dos Santos. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Portugis untuk Komunikasi Siswa SMA Kelas I Dili Timor Leste.Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Pd. M.Ed (2) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd dan (3) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata kunci pengembangan bahan ajar komunikasi Bahasa Portugis merupakan bahasa nasional di Timor Leste. Bahasa tersebut dapat dikuasai oleh siswa dengan mudah dan lancar jika bahan ajar pembelajaran bahasa Portugis didasarkan kebutuhan siswa yang belajar. Karena itu penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan bahan ajar bahasa Portugis untuk komunikasi siswa SMA Kelas I Dili Timor Leste dan (2) mengkaji kelayakan produk bahan ajar bahasa Portugis untuk komunikasi siswa SMA Kelas I Dili Timor Leste. Pengembangan bahan ajar tersebut dilakukan dengan menggunakan desain pembelajaran konstruktivis dengan pola kerja R2D2 (recursive reflective desain dan development) yang dikembangkan oleh Willis. Subjek uji coba atau sampel untuk uji coba adalah guru bahasa Portugis dan siswa SMA Kelas I Cristal dan SMA Kelas I Negeri 4 September Dili Timor Leste. Data penelitian untuk pengembangan produk bahan ajar ini adalah data kualitatif yang berupa informasi tentang kebutuhan model bahan ajar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi lembar catatan dan panduan observasi ikhtisar dokumen dan angket. Sesuai dengan instrumen yang digunakan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara studi dokumen dan pengisian angket. Data dianalisis secara deskriptif baik dalam bentuk paparan kualitatif maupun dalam bentuk perhitungan kuantitatif dan diklasifikasikan berdasarkan jenis dan komponen produk yang dikembangkan. Untuk uji keelayakan produk data dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji lapangan dapat diketahui bahwa produk bahan ajar bahasa Portugis yang sudah dikembangkan mampu menjadikan meningkatkan rerata skor siswa yakni dari rerata skor sebelumnya 70 8653 menjadi 77 7528. Selain itu penggunaan produk tersebut juga memperkecil perbedaan kompetensi antar siswa. Hal ini tampak pada simpangan baku yang skor tersebut yakni dari 7 69768 menjadi lebih kecil lagi yakni 6 88424. Dengan demikian produk bahan ajar tersebut memiliki manfaat untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran bahasa Portugis bagi siswa SMAkelas I Dili Timor Leste. Penggunaan produk bahan ajar bahasa Portugis mampu meningkatkan rerata skor sebanyak 6.88764. memperkecil simpangan baku sebanyak 5 50297 dan memiliki taraf signifikansi perbedaan 11 808. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar bahasa Portugis yang dikembangkan dengan menggunakan model R2D2 layak digunakan dan perlu didiseminasikan secara lebih luas serta dikembangkan secara lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63657

Actions (login required)

View Item View Item