Pengaruh strategi pembelajaran mandiri self regulated learning dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar praktik produktif peserta didik di SMK / Sutikno - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran mandiri self regulated learning dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar praktik produktif peserta didik di SMK / Sutikno

Sutikno (2015) Pengaruh strategi pembelajaran mandiri self regulated learning dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar praktik produktif peserta didik di SMK / Sutikno. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sutikno 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Mandiri Self Regulated Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Praktik Produktif Peserta Didik di SMK Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Pasca-sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata Kunci Strategi pembelajaran mandiri self regulated learning motivasi berprestasi hasil belajar praktik produktif. Perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher centered instruction) menjadi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (learner centered instruction) merupakan salah satu upaya penting dalam mengoptimalkan proses pembelajaran yang dapat membangkitkan peserta didik lebih aktif belajar. Belajar secara utuh dan bermakna dalam kehidupannya (learning to know learning to do learning to be dan learning to live together). Desain pembelajaran yang sesuai dengan paradigma diharapkan dapat menjadi solusi dan menjawab tantangan ke masa depan yakni perubahan era industrialisasi yang membawa konskuensi terhadap perubahan kurikulum di sekolah menengah kejuruan. Strategi pembelajaran mandiri dapat diterapkan sesuai konsep school preneurship yang bertujuan membangun inisiatif individu kemandirian dan peningkatan diri peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengkaji teori yang diarahkan pada upaya meningkatkan kualitas pembelajaran praktik produktif di sekolah menengah kejuruan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen nonequivalent control group design secara faktorial. Rancangan faktorial 2 x 2 x 2 dengan variabel bebas strategi pembelajaran variabel moderator self regulated learning dan motivasi berprestasi dan variabel tergantung hasil belajar. Subyek penelitian peserta didik kelas XI kompetensi keahlian pemesinan di SMK Negeri 1 Trenggalek dan SMK Negeri 3 Tulungagung dengan N 128. Pelaksanaan pada semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data melalui tes angket dan observasi. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik Ancova tiga jalur dengan faktorial 2 x 2 x 2 satu kovariat. Hasil analisis pengujian hipotesis diperoleh adanya pengaruh utama dan pengaruh interaksi yang signifikan. Dibuktikan secara umum hipotesis statistik (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Melalui pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran mandiri dalam praktik produktif di SMK mempunyai keandalan dan peranan yang signifikan dalam mengantarkan belajar peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Strategi pembelajaran mandiri meningkatkan kompetensi hard skills dan soft skills peserta didik. Hal ini sesuai konsep school preneurship untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi kajian selanjutnya dan dapat memfasilitasi untuk memperoleh desain pembelajaran yang bermakna .

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63654

Actions (login required)

View Item View Item