Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan pemecahan masalah mata pelajaran sosiologi siswa SMA / Badrus - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan pemecahan masalah mata pelajaran sosiologi siswa SMA / Badrus

Badrus (2015) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pemahaman konsep dan pemecahan masalah mata pelajaran sosiologi siswa SMA / Badrus. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Badrus. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Mata Pelajaran Sosiologi Siswa SMA. Program Studi Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr.H. Sulton M. Pd (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd Kata kunci strategi pembelajaran inkuiri motivasi berprestasi pemahaman konsep pemecahan masalah. Proses pembelajaran sosiologi saat ini perlu mendapat dorongan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif memahami individu masyarakat dan budaya sebagai system dan bersikap kritis dalam menghadapi masalah sosial. Proses pembelajaran di kelas yang diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk menghubungkan dan mengembangkan dalam kehidupan sehari-hari bertentangan dengan prinsip pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran seharusnya menantang siswa untuk mengembangkan kemapuan berpikir yakni merangsang kerja otak secara maksimal. Pada dasarnya belajar yang baik adalah memecahkan masalah karena dalam belajar sesungguhnya kita menghadapkan siswa pada masalah. Hal ini memerlukan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Sementara berpikir kritis dan kreatif seringkali berasal dari rasa ingin tahu dan imajinasi yang keduanya sudah ada pada diri siswa sejak lahir. Tujuan penelitian ini adalah menentukan pengaruh utama (main effect) dan pengaruh interaksi (interaction effect) variabel perlakuan dan moderator terhadap hasil belajar sosiologi. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial versi non-equivalent control group design. Popilasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMAN Ngronggot Nganjuk pada tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 128 siswa (4 kelas). Sampel yang terpilih berjumlah 64 siswa terdiri dari siswa kelas XI IPS1 dan XI IPS4. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda angket motivasi berprestasi dan tes pemecahan masalah. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis manava (Multivariate Analysis Of Variance) dua jalur dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar pemahaman konsep antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada pembelajaran sosiologi (2) hasil belajar pemahaman konsep sosiologi antara kelompok siwa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah ternyata tidak berbeda (3) secara bersama-sama strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) dan tingkat motivasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pemahaman konsep sosiologi (4) ada perbedaan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada mata pelajaran sosiologi (5) ada perbedaan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan motivasi berprestasi rendah dan (6) interaksi strategi pembelajaran (inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas) dan tingkat motivasi berprestasi tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran sosiologi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63647

Actions (login required)

View Item View Item