Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual dan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA / Zainal Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual dan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA / Zainal Afandi

Afandi, Zainal (2015) Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual dan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA / Zainal Afandi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afandi Zainal. 2015.Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA. Disertasi. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (II) Prof. Dr. Punadji Setyosari M.Ed. M.Pd. (III) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci strategi pembelajaran kontekstual ekspositori efikasi diri hasil belajar. Pembelajaran sejarah seharusnyadilakukan agar peserta didik dapat menemukan menanamkan nilai dan mentransformasikan pesan dibalik realitas sejarah. Oleh sebab ituguru sejarah harus menerapkan strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan penalaran sebagai dasar menumbuhkan kemampuan berpikir historis dan sikap sejarah. Strategi pembelajaran yang tepat untuk tujuan tersebut adalah strategi pembelajaran kontekstualsebabdapat memfasilitasi peserta didik menemukan hubungan penuh makna antara pengetahuansejarahdengan penerapan praktis di dalam konteks nyata dan konteks kekinian.Namundalammenerapkanstrategipembelajarankontekstual guru sejarahharusmemperhatikankarakteristikpesertadidik khususnyaefikasidiripesertadidik. Efikasidirididugamempengaruhi hubungan penerapan strategi pembelajaran terhadap perolehan hasil belajarpesertadidik. Hal ini disebabkanefikasi dirimemainkan peran penting dalam motivasi berprestasi berhubungan dengan diri sendiri dalam mengatur proses belajar dan prestasi akademik.Sesuaidenganhalitumaka penelitian inibertujuan untuk mengujipengaruhutamadaninteraksiantarastrategipembelajarandanefikasidiriterhadaphasilbelajarsejarah. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semupretest-posttest nonequivalent control group design versi faktorial 2 x 2. Subyek penelitian melibatkan 154 siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 8 Kota Kediri. Subjek penelitian berasal dari 2 kelas XI IPS SMA Negeri 7 sebanyak 72 siswa dan dari 2 kelas XI IPS SMA Negeri 8 sebanyak 82 siswa.Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara mengundi berdasarkan SMA. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk perpaduan antara pilihan ganda uraian dan skala sikap serta skala penilaian self-efficacy akademik. Data penelitian dianalisis dengan teknik statistik menggunakan analysis of variance (anova) dua jalur dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar sejarah antara kelompok peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran kontekstual dan kelompok peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (2) ada perbedaan hasil belajar sejarah antara kelompok peserta didik dengan efikasi diri tinggi dan kelompok peserta didik dengan efikasi diri rendah dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan efikasi diri terhadap hasil belajar sejarah. Berdasarkan temuan penelitian disarankan sebagai berikut (1) guru sejarah hendaknya mulai mengubah tradisi pembelajarannya dengan mengurangi penggunaan strategi pembelajaran ekspositori (2) guru sejarah hendaknya menerapkan strategi pembelajaran kontekstual untuk mengubah tradisi pembelajaran sejarah sekaligus untuk meningkatkan kemampuan penalaran sejarah dan kemampuan berpikir historis peserta didik (3)Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk praktik pembelajaran sejarah membutuhkan daya kreasi dan inovasi guru sebabperistiwa sejarah sudah berlalu sehingga membutuhkan cara-cara tertentu dalam mengkontekstualkannya dan (4) guru sejarah hendaknya mampu memahami efikasi diripesertadidiksehingga dapat memberikan dorongan agar memiliki keyakinan untuk berhasil dalam belajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S3 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63646

Actions (login required)

View Item View Item